Gadget  

14 aplikasi Google berguna yang harus Anda gunakan di Android

14 aplikasi Google berguna yang harus Anda gunakan di Android
14 aplikasi Google berguna yang harus Anda gunakan di Android

FOKUS TEKNO – Google punya banyak aplikasi. Bahkan mungkin terlalu banyak, dalam kasus-kasus tertentu (ahem). Namun, di tengah semua judul yang jelas dan penawaran yang anehnya tumpang tindih, sayap Google di Play Store menyimpan beberapa harta yang benar-benar berguna — kreasi cerdas oleh pencipta Android yang hanya menunggu untuk ditemukan.

Berikut adalah 14 aplikasi Google terpencil yang akan membantu Anda melakukan segala macam hal menarik dengan perangkat Android Anda. Tentu, salah satu dari mereka bisa menghilang kapan saja dengan sedikit atau tanpa peringatan — ini adalah Google yang sedang kita bicarakan — tetapi untuk saat ini, setidaknya, mereka ada di luar sana dan siap untuk diambil. Dan ya, semuanya gratis.

1. Voice Access

Android sudah lama luar biasa dalam memungkinkan Anda mengontrol ponsel dengan suara — sejak jauh sebelum debut resmi Google Assistant, bahkan — tetapi dengan sedikit bantuan dari aplikasi Google yang tidak biasa, Anda dapat membawa potensi handsfree ponsel Anda ke tingkat yang sama sekali baru.

Aplikasi ini sedikit disebut Voice Access. Ini secara teknis merupakan fitur aksesibilitas Android, tetapi ini bisa sangat membantu bagi siapa saja.

Sederhana dan sederhana, Voice Access memungkinkan Anda mengontrol hampir setiap bagian dari pengalaman menggunakan ponsel Anda hanya dengan berbicara. Setelah Anda menjalankan sistem, Anda dapat memberi tahu ponsel Anda untuk kembali, pulang, atau menyesuaikan kurang lebih elemen apa pun dari pengaturan ponsel Anda.

Anda dapat memintanya untuk menekan lama item, menggulir ke segala arah pada item, memilih atau membatalkan pilihan teks, dan menempatkan kursor Anda di mana pun Anda inginkan. Itu bahkan dapat menangani pengeditan teks dan memungkinkan Anda berkeliling aplikasi dan situs web tanpa pernah mengangkat satu jari lengket pun.

Apakah Anda memiliki kebutuhan fisik untuk kontrol semacam itu atau hanya berpikir Anda akan mendapat manfaat dari kenyamanan, itu adalah salah satu pilihan untuk memiliki di ujung jari Anda (yang mencurigakan beruap).

2. Sound Amplifier

Berbicara tentang berbicara, aplikasi Google Android spektakuler yang disebut Sound Amplifier akan memberi Anda kekuatan pendengaran seperti pahlawan super untuk memastikan Anda tidak pernah melewatkan sepatah kata pun yang diucapkan orang lain.

Sound Amplifier yang diberi nama tepat memungkinkan Anda menghilangkan kebisingan sekitar yang mengganggu dan memperkuat suara-suara penting di lingkungan Anda — seperti suara seseorang yang berbicara beberapa meter jauhnya atau bahkan audio TV yang diputar di kantor yang bising.

Yang ini juga secara teknis dibuat untuk tujuan aksesibilitas. Tetapi tidak sulit untuk melihat bagaimana itu bisa bermanfaat dalam segala macam situasi, terlepas dari kemampuannya.

3. Google Lens

Bisa dibilang aplikasi Android Google yang paling mengagumkan dan secara bersamaan kurang dihargai, Google Lens memungkinkan Anda berinteraksi dengan objek dan teks di dunia nyata seolah-olah ada di ponsel Anda.

BACA JUGA:  Cara Mengembalikan Kontak Terhapus di Iphone Lewat iCloud

Daftar kekuatan peningkat produktivitas yang dimiliki benda ini sangat besar dan masif. Beberapa sorotan pilihan:

  • Ini memberdayakan Anda untuk menyalin teks dari kertas fisik atau papan tulis apa pun di depan Anda dan kemudian menempelkannya di mana saja di ponsel Anda, menerjemahkannya dengan cepat, atau bahkan membacanya dengan keras kepada Anda untuk konsumsi saat bepergian (mmm, kata-kata …)
  • Ini memungkinkan Anda untuk mengirim teks dari dunia nyata langsung ke clipboard komputer desktop Anda, secara nirkabel dan dengan usaha sekitar tujuh detik
  • Ini memungkinkan Anda menarik teks dari tangkapan layar atau gambar apa pun dan menyimpannya, mencarinya, atau menempelkannya di tempat lain yang diinginkan hati kecil Anda yang berharga
  • Dan itu bertindak sebagai pemindai kode serba guna – barcode, kode QR, sebut saja – tanpa memaksa Anda untuk menjaga perangkat lunak pihak ketiga yang kikuk tetap berdiri untuk tujuan tersebut

Lens mungkin sudah ada di ponsel Anda saat ini, percaya atau tidak — melalui ikon seperti kamera di dalam bilah pencarian di aplikasi Google di sebagian besar perangkat Android apa pun dan juga di dalam aplikasi Kamera standar di Pixels — tetapi unduhan mandiri akan memberi Anda cara yang lebih mudah untuk mengaksesnya dengan ikon pintasan layar beranda biasa atau perintah Asisten Google (“Hei, Google: Lensa Terbuka!”).

4. PhotoScan

Lebih jauh mengaburkan garis antara dunia fisik dan virtual kita adalah PhotoScan, yang memungkinkan Anda menangkap gambar foto fisik berkualitas tinggi dan bebas silau yang mengesankan dengan kamera ponsel Anda dan kemudian menyimpannya sebagai file digital. PhotoScan mengarahkan Anda melalui proses menangkap beberapa sudut cetakan dan kemudian melakukan semua pekerjaan kotor untuk memotongnya, meluruskannya, dan umumnya hanya membuatnya terlihat bagus.

Ini seperti memiliki pemindai lengkap di saku Anda — hanya, Anda tahu, jauh lebih praktis untuk dibawa.

5. Action Blocks

Sementara kami berpikir untuk memberi diri kami akses yang lebih mudah ke berbagai hal, aplikasi Action Blocks Google untuk Android adalah aplikasi yang layak digali.

Blok Tindakan membuatnya sesederhana mungkin untuk membuat tombol layar beranda kustom Anda sendiri untuk memulai tindakan atau kombinasi tindakan yang terhubung dengan Asisten — hal-hal seperti menyesuaikan perangkat yang diduga pintar di sekitar rumah dan/atau kantor Anda, langsung masuk ke fungsi tertentu dalam aplikasi, atau melakukan sebagian besar hal lain yang dapat dikelola oleh Asisten Google.

Yang harus Anda lakukan adalah mencari tahu jenis penghemat waktu tertentu yang Anda butuhkan.

6. Google Phone

Jika Anda menggunakan ponsel apa pun selain Pixel, bantulah diri Anda sendiri dan ambil aplikasi Google Phone saat ini.

Fitur panggilan paling canggih dari aplikasi Phone mungkin eksklusif untuk pemilik Pixel, tetapi aplikasi itu sendiri sekarang dapat berfungsi di sebagian besar perangkat Android apa pun, tidak peduli siapa yang membuatnya — dan menawarkan banyak keuntungan dibandingkan aplikasi panggilan default yang dipanggang produsen lain ke dalam perangkat lunak mereka.

BACA JUGA:  Fitur Baru, Cara Keluar dari Grup WhatsApp Tanpa Ketahuan

Secara khusus, ia memiliki sistem pemblokiran spam Google yang sangat baik dan kecerdasan pencarian lokasi dalam aplikasi yang dibangun langsung ke dalamnya dan tersedia. Ini memiliki desain sederhana dan minimalis yang cocok dengan ekosistem Google lainnya juga. Dan, secara kritis, itu tidak memiliki semua jenis sampah lain yang terlampir — termasuk layanan pihak ketiga yang menampilkan iklan kepada Anda dan melakukan hal-hal yang terdengar teduh dengan info pribadi Anda.

7. Files by Google

Unduhan lain yang relevan sebagian besar untuk orang-orang non-Pixel-ownin’ di antara kita, aplikasi manajemen file buatan Google sendiri — yang dimuat sebelumnya di ponsel Pixel saat ini secara default — benar-benar merupakan pengelola file Android serba bisa terbaik untuk sebagian besar pengguna bisnis.

Ini bersih, sederhana, dan menyenangkan untuk digunakan, dan itu membuatnya tidak menyakitkan dan bahkan hampir menyenangkan untuk melihat-lihat penyimpanan lokal ponsel Anda dan menemukan, berbagi, atau mengatur file apa pun yang telah Anda unduh atau transfer ke perangkat.

File memiliki sistem pencarian yang luar biasa, seperti yang Anda harapkan, dan memiliki sistem yang sangat berguna untuk menganalisis penyimpanan lokal ponsel Anda dan menemukan cara cepat ‘n’ mudah untuk mengosongkan ruang.

File tidak sepenuhnya berfitur seperti beberapa aplikasi pengelola file Android pihak ketiga yang lebih canggih di luar sana, tetapi ini sangat berguna — dan terutama jika kebutuhan manajemen file Android Anda relatif mendasar, ini adalah peningkatan kecil yang bagus atas layanan manajemen file default yang sudah diinstal sebelumnya di perangkat Anda.

8. Google One

Jika Anda membayar penyimpanan ekstra di akun Google, aplikasi Google One memiliki beberapa tambahan berharga yang tidak boleh Anda abaikan.

Aplikasi ini dapat membantu Anda mengelola jatah penyimpanan Google itu serta cadangan perangkat Anda, untuk satu. Tetapi yang lebih penting, ini akan memberi Anda opsi untuk mengaktifkan jaringan pribadi virtual gratis, atau VPN, untuk menambahkan lapisan keamanan ekstra ke koneksi data Anda dan memastikan tidak ada orang lain yang dapat melihat atau mencegat apa yang Anda kirim.

Ini adalah jenis jaminan yang biasanya membutuhkan biaya yang cukup banyak koin untuk dinikmati, tetapi jika Anda sudah membayar untuk penyimpanan Google, bagaimanapun, itu ada di sana dan menunggu untuk diaktifkan di ponsel Android favorit Anda.

9. Find My Device

Fakta yang kurang diketahui: Anda benar-benar dapat melacak perangkat Android yang hilang di ponsel atau komputer mana pun tempat Anda masuk — menggunakan tidak lebih dari browser web biasa Anda.

Ya, memang: Sistem Temukan Perangkat Saya Google berfungsi tepat di Google Penelusuran, dan yang harus Anda lakukan hanyalah mengetikkan tiga kata ajaib itu (“temukan perangkat saya”) ke dalam permintaan Google Penelusuran apa pun untuk memulai.

Namun, jika Anda memiliki beberapa gizmos Android dan menginginkan cara yang lebih mudah untuk menentukan berbagai produk Anda, aplikasi Temukan Perangkat Saya khusus Android adalah yang Anda butuhkan. Ini akan menjaga sistem pencari perangkat satu ketukan di layar beranda atau di laci aplikasi Anda, dan Anda akan selalu dapat mencari ponsel Android, tablet, jam tangan, atau bahkan headphone terkait Android tertentu dengan beberapa langkah cepat.

BACA JUGA:  Artikel Sulit Terindeks, Google Lagi Update Algoritma Broad Core Bulan Ini

10. Snapseed

Google Foto semakin mampu sebagai alat pengeditan gambar, tetapi Google sebenarnya memiliki aplikasi lain yang tersedia secara eksplisit untuk penyesuaian gambar saat bepergian — dan masih selangkah lebih maju dari Foto dalam beberapa cara yang bermakna.

Ini disebut Snapseed, dan ini adalah aplikasi yang dulunya independen yang dibeli Google bertahun-tahun yang lalu dan terus mempertahankan (setidaknya agak) sebagai opsi yang sepenuhnya gratis untuk digunakan siapa saja saat ini.

Dan terlepas dari kemajuan Photos yang sedang berlangsung, ini tetap menjadi salah satu opsi peningkatan gambar yang paling mudah didekati dan efektif untuk ponsel Android apa pun.

11. Google My Business

Yang berikutnya ini cukup spesifik, tetapi jika Anda menjalankan bisnis Anda sendiri — atau bertanggung jawab atas kehadiran online perusahaan Anda dengan cara apa pun — aplikasi Bisnisku Google benar-benar layak untuk disangkutkan.

Aplikasi ini memberi Anda satu portal yang disederhanakan untuk mengontrol keberadaan perusahaan Anda di Google. Anda dapat menanggapi ulasan, mengubah profil bisnis Anda, dan bahkan mendapatkan pemberitahuan setiap kali pelanggan (atau calon pelanggan) mencoba untuk terhubung dengan Anda.

Bagi pemilik usaha yang lebih kecil di antara kita, itu bisa sangat berharga.

12. Google Opinion Rewards

Saya telah menyebutkan Hadiah Opini beberapa kali selama bertahun-tahun, tetapi itu masih merupakan sesuatu yang sebagian besar pengguna tipikal tetap tidak sadari. Jika Anda termasuk di antara mereka yang belum menggunakannya, mulailah sekarang — karena pada dasarnya ini hanyalah cara untuk mendapatkan kredit Google Play Store gratis untuk mengikuti survei cepat sesekali.

Begini cara kerjanya: Aplikasi ini memberi tahu Anda setiap kali survei baru tersedia. Anda menjawab beberapa pertanyaan tentang pengalaman berbelanja baru-baru ini atau pemikiran Anda tentang beberapa jenis video atau mungkin barang dagangan, dan kemudian aplikasi tersebut memberikan kredit di akun Play Store Anda. Mungkin untuk 10 sen, atau mungkin untuk satu dolar.

Either way, praktis tidak perlu waktu untuk melakukannya, dan kredit bertambah dengan cepat — artinya pembelian aplikasi anda berikutnya atau penyewaan film di tengah pesawat dapat ada di rumah (namun pengembang atau pencipta masih dibayar — win-win!).

13. Google Arts & Culture

Tunggu yang satu ini untuk momen perjalanan bisnis anda berikutnya yang membosankan: Google Arts & Culture memungkinkan anda menjelajahi taman nasional dan monumen, memperbesar dari dekat karya seni terkenal, dan bahkan mengikuti tur virtual ke seluruh museum langsung dari perangkat seluler anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *