Ayam  

Penyebab dan Cara Mengobati Ayam Pucat dan Lesu Tidak Mau Makan

Penyebab dan Cara Mengobati Ayam Pucat dan Lesu Tidak Mau Makan

Ayam yang susah makan memang biasanya dipengaruhi oleh faktor pakan maupun faktor lingkungan sekitar.

30 sampai 40% faktor perawatan sangatlah penting dalam menunjang kesehatan dan nafsu makan ayam.

Salah satu hal terpenting yang harus Anda persiapkan ketika ingin beternak ayam adalah pengetahuan akan segala penyakit yang bisa menyerang ayam.

Anda juga harus memiliki pengetahuan untuk mengatasi ayam yang susah makan. Anda tidak akan bisa mendapatkan untung dari bisnis ternak ayam kalau ayam tidak mau makan sehingga tidak bisa bertumbuh atau malah menjadi sakit.

Gejala Ayam Susah Makan

Ayam yang tidak mau makan juga akan menunjukkan beberapa gejala yang dapat anda kenali. Beberapa gejala dari masalah ini akan terlihat seperti penyakit tertentu yang bisa menyerang ayam, bahkan ayam malas makan bisa disebabkan karena penyakit tertentu.

Jika anda melihat ayam tiba-tiba tidak mau makan, cobalah untuk melihat beberapa gejala terlebih dahulu. Bahkan gejala ini juga terjadi pada anak ayam tidak mau makan. Gejala yang mungkin terjadi pada ayam sehat, tapi tidak mau makan adalah:

Ayam Jadi Kurus

Sesuai dengan masalahnya, ayam yang tidak mau makan pasti kehilangan bobot tubuhnya dengan sangat cepat.

Ayam membutuhkan makanan dan nutrisi yang tepat agar dapat berkembang hingga bisa menghasilkan daging atau telur yang banyak.

Meski tidak makan, tubuh ayam tetap membutuhkan tenaga sehingga mengambil tenaga dari lemak dan otot ayam tersebut. Bila terus dibiarkan, maka ayam bisa menjadi sangat kurus.

Malas Bergerak

Ayam tiba-tiba tidak mau makan dalam jangka waktu yang lama pasti akan kehilangan banyak tenaga sehingga membuatnya malas bergerak. Ayam yang sehat biasanya aktif bergerak untuk mencari makanan tambahan.

Jika ada ayam yang hanya berbaring saja, kemungkinan ayam tersebut sudah tidak makan dalam waktu yang cukup lama. Coba amati dengan lebih teliti, anda harus segera mengambil tindakan jika memang ternyata ayam tersebut tidak bergerak dalam waktu lama.

Produksi Telur yang Menurun

Seekor ayam dapat menghasilkan telur sebanyak 5 butir sampai 7 butir dalam satu minggu. Jika ayam terus dalam keadaan sehat dan mendapatkan nutrisi yang tepat, ayam dapat menghasilkan telur hingga mencapai 30 kali berat badannya dalam seumur hidupnya.

Jumlah telur yang dihasilkan dapat menurun bahkan tidak ada sama sekali jika ayam tidak mendapatkan nutrisi yang sehat. Jika produksi telur telah menurun selama berminggu-minggu, maka anda harus segera menyelesaikan masalah ayam yang tidak mau makan ini.

Badan Ayam Terlihat Kusam

Ayam tidak mau makan hingga membuatnya malas bergerak bisa membuat badannya menjadi kusam. Ayam jadi tidak bisa membersihkan dirinya sendiri. Badan ayam yang terlihat kusam juga menjadi gejala awal dari berbagai penyakit.

Gejala Penyakit Lainnya

Daya tahan tubuh ayam sangat menurun ketika tidak makan hingga membuatnya mudah terserang penyakit. Ada banyak penyakit yang bisa menyerang ayam, baik penyakit tidak menular hingga penyakit yang sangat mudah menular.

Setiap penyakit juga menunjukkan gejala yang berbeda-beda kepada ayam. Jika masalah ayam malas makan tidak segera diatasi. Gejala penyakit berbahaya lainnya bisa menyerang ayam dengan sangat mudah.

Terlihat Gelisah

Gejala terakhir yang terlihat pada ayam malas makan adalah terlihat selalu gelisah dengan napas yang pendek. Gejala yang satu ini bisa menunjukkan kalau ayam yang tidak mau makan tersebut sedang mengalami stress.

Penyebab Ayam Susah Makan

Ada banyak sekali penyakit yang bisa menyerang ayam, bahkan beberapa penyakit memiliki tingkat penularan yang sangat tinggi dengan tingkat kematian yang sama tingginya.

Penyakit tetelo, penyakit diare, penyakit berak darah, penyakit berak kapur, penyakit cacing, penyakit mata, penyakit tulang, hingga penyakit pilek menjadi penyakit yang paling sering menyerang ayam.

Penyakit tersebut bisa disebabkan oleh parasit, virus, atau bakteri. Cara mengatasi ayam tidak mau makan terbaik adalah dengan mengobati penyakit tersebut terlebih dahulu. Setiap penyakit memiliki gejala yang berbeda-beda juga sehingga anda harus mengenalinya terlebih dahulu.

Cara mengobati ayam lemas dan tidak mau makan

Cara mengobati ayam susah makan terakhir yang bisa anda lakukan dengan memberikan suplemen penambah nafsu makan untuk ayam. Suplemen yang bisa anda berikan kepada ayam untuk menambah nafsu makannya ada banyak sekali jenisnya.

Memilih suplemen tidak hanya memilih kandungan multivitamin saja, namun ada beberapa hal pertimbangannya seperti kandungan bakteri premium.

Maka hal ini yang penting diperhatikan salah satunya kandungan dalam suplemen yang diberikan.

Cara Mengobati ayam lesu dan ngantuk

Obat tradisional ayam ngantuk,

Inilah bahan untuk meramu jamu ayam aduan yang kerap dipakai para botoh:

1. Kunyit

Sebagai tipe tanaman obat yang terdapat banyak di sekitar kita. Bukan rahasia lagi, zat curcumin yang terdapat di dalamnya baik sekali untuk kesehatan ayam. Kunyit kerap jadi jamu untuk manusia, khususnya digunakan untuk kecantikan.

Tetapi selainnya untuk manusia kunyit dapat digunakan untuk bahan jamu ayam aduan guna menambah stamina. Kunyit bisa menggairahkan ayam untuk rajin makan hingga bisa sehat.

2. Jahe

Menjadi satu di antara tanaman herbal yang telah dikenali warga Indonesia. Jahe kerap digunakan untuk minuman yang bermanfaat untuk menghangatkan tubuh.

Kandungan dalam jahe bisa membenahi penyakit masalah pencernaan. Hingga dapat sebagai bahan membuat jamu ayam aduan. Perannya untuk menahan penyakit pencernaan pada ayam.

3. Lengkuas

Orang jawa kerap menyebutkan lengkuas dengan panggilan laos. Kandungan dalam herbal yang ini sangat banyak. Terdapat vitamin A dan C, di samping itu ada zat besi dan serat dan karbohidrat.

Lengkuas kerap dipakai untuk bahan racikan jamu untuk ayam. Anti-oksidan yang ada di dalamnya benar-benar berguna untuk kebal ayam pengaduan.

Di samping itu lengkuas baik sekali untuk menyembuhkan ayam sakit karena terhitung anti ngilu terdapat di dalamnya. Dan bisa kurangi infeksi pada ayam.

4. Temulawak

Untuk tipe herbal yang ini sudah umum dijumpai warga Indonesia dari dulu. Nenek moyang kita telah memakainya sejak dulu, hingga manfaatnya tidak disangsikan kembali.

Temulawak sebagai bahan ramuan jamu ayam aduan karena gampang didapat di sekitaran kita. Fungsinya mengobati berbagai masalah kesehatan ayam, mulai dari kurang nafsu makan, diare, hingga gangguan fungsi hati.

Senyawa curcuminoid di dalamnya sebagai anti-oksidan yang bagus. Faedah yang seringkali kita dengar untuk menggairahkan selera makan. Hingga ayam akan lahap makan, yang pada akhirnya bisa mempertahankan kesehatan ayam.

5. Madu

Dalam upaya menjaga kesehatan ayam, madu berhasiat untuk menghasilkan energi dan memulihkan tenaga ayam terutama ayam yang keleahan, lemas dan tidak bertenaga. Ayam yang diberi madu pun akan meningkat daya tahan tubuhnya dan dapat meningkatkan stamina ayam tersebut.

Penambah stamina ini kemungkinan disebabkan oleh nutrisinya yang lengkap dan merupakan penghasil energi yang unik bagi manusia mau pun ayam aduan.
Madu sebagai sumber energi dan nutrisi dibuktikan dengan jumlah energi yang dikandungnya, yaitu 3280 kilokalori/kg madu yang setara dengan 50 butir telur ayam, 5,7 liter susu, 25 buah pisang, 40 buah jeruk, 4 kg kentang dan 1,68 kg daging (Suranto, 2007). Oleh karna itu, Sebagian besar botoh menyarankan madu sebagai asupan untuk ayam yang akan berlaga.

6. Telur Bebek

Tidak semua telur baik untuk ayam bangkok aduan, maka dari itu rekan-rekan botoh harus tahu ini. Telur yang cocok untuk ayam aduan diantaranya adalah telur ayam kampung, telur bebek dan telur burung puyuh. Kandungan kaya akan protein pada telur sangat berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh ayam aduan.

7. Ikan Gabus

Pemberian daging ikan gabus pada ayam aduan telah bukan rahasia umum lagi. Ikan gabus miliki muatan albumin yang diakui bisa mepercepat pengobatan cedera. Serta nutrisi yang terdapat pada daging ikan gabus juga juga bermacam juga lumayan tinggi. Muatan itu di antaranya yakni protein, lemak, zat besi, kalsium, fosfor, vitamin A, vitamin B1 serta masih banyak yang lain.
Ikan gabus juga mampu mendukung perkembangan serta penciptaan otot. Muatan protein yang lumayan tinggi pada daging ikan gabus miliki manfaat buat penciptaan otot pada ayam aduan. Selain itu ikan gabus juga mampu menguatkan tulang serta paruh ayam aduan. Tingginya kalsium yang terdapat pada daging ikan gabus sangatlah bagus untuk memperhatikan kesehatan tulang serta paruh ayam aduan. Ikan gabus banyak digunakan oleh para botoh sebagai jamu bagi ayam yang selesai bertarung. Karena dipercaya mampu mempercepat penyembuhan luka.