Bagaimana Cara Mengurus SHM dengan Mudah dan Murah? Ini Tips dari Kepala ATR/BPN

Bagaimana Cara Mengurus SHM dengan Mudah dan Murah? Ini Tips dari Kepala ATR/BPN

FOKUS LEBAK – Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Republik Indonesia mengimbau masyarakat untuk segera mengurus peningkatan status tanah dari Hak Guna Bangunan (HGB) menjadi Sertifikat Hak Milik (SHM). Menurut Kepala ATR/BPN Republik Indonesia, Hadi Tjahjanto, prosesnya sangat mudah dan murah.

“Kami mengajak masyarakat untuk segera mengubah sertifikatnya dari HGB menjadi SHM. Prosesnya tidak lama dan biayanya sangat murah, hanya Rp 50.000 sesuai dengan pendapatan negara bukan pajak, ditambah meterai,” ujar Hadi Tjahjanto saat acara deklarasi di Kota Bogor, Sabtu (30/9/2023).

Hadi Tjahjanto menambahkan, masyarakat hanya perlu mengunjungi kantor ATR/BPN setempat untuk mengurus peningkatan status tanah. Ia juga menegaskan, jika ada oknum yang melakukan pungutan liar atau pungli, masyarakat harus segera melaporkannya kepada kementerian ATR/BPN Republik Indonesia.

“Silakan dibuktikan, kalau memang ada yang meminta lebih dari itu, silakan lapor kepada Menteri. Nanti Kepala Kantornya akan saya tegur,” tegasnya.

Sementara itu, wartawan fokus.co.id akan mendatangi kantor ATR/BPN Kabupaten Lebak untuk mengetahui berapa banyak masyarakat yang sudah berhasil mengurus peningkatan status tanahnya di wilayah tersebut. (AK)