10 Makanan yang Meningkatkan Keratin Tubuh

Keratin
Keratin

FOKUS HEALTH – Keratin adalah sejenis protein struktural yang ditemukan di rambut, kulit, dan kuku Anda.

Ini sangat penting untuk menjaga struktur kulit Anda, mendukung penyembuhan luka, dan menjaga rambut dan kuku Anda sehat dan kuat.

Suplemen keratin sering dikatakan membantu mencegah kerontokan rambut, meningkatkan pertumbuhan kuku, dan memperbaiki tekstur kulit. Namun, banyak makanan sehat secara alami dapat mendukung sintesis keratin tubuh Anda.

Berikut adalah 10 makanan yang meningkatkan produksi keratin.

1. Telur

Makan telur adalah cara terbaik untuk meningkatkan produksi keratin secara alami.

Faktanya, mereka adalah sumber biotin yang bagus, nutrisi penting yang terlibat dalam sintesis keratin. Satu telur matang menyediakan 10 mcg nutrisi ini, atau 33% dari Nilai Harian (DV).

Terlebih lagi, protein telur meningkatkan produksi keratin, dengan 6 gram protein yang dikemas dalam satu telur besar berukuran 50 gram.

Nutrisi sehat lainnya dalam makanan yang ada di mana-mana ini termasuk selenium, riboflavin, dan vitamin A dan B12.

2. Bawang

Bawang tidak hanya bagus untuk membumbui hidangan favorit Anda, tetapi juga meningkatkan produksi keratin.

Sayuran allium ini sangat tinggi N-acetylcysteine, antioksidan tanaman yang diubah tubuh Anda menjadi asam amino yang disebut L-cysteine ​​— komponen keratin.

Bawang juga menyediakan folat, mikronutrien penting yang diperlukan untuk menjaga kesehatan folikel rambut.

3. Salmon

Salmon penuh dengan protein, mengemas hampir 17 gram per porsi 3 ons (85 gram).8Sumber Tepercaya).

Ini juga merupakan sumber biotin yang sangat baik, nutrisi penting lain yang mendukung produksi keratin. Hanya 3 ons (85 gram) salmon kalengan mengandung 5 mcg, atau 17% dari DV.

Baca Juga:  Cuaca Panas Matahari Membuat Perut Pria Merasa Lapar

Ikan salmon ini juga kaya akan asam lemak omega-3 , sejenis lemak sehat untuk jantung yang telah terbukti membantu meningkatkan pertumbuhan rambut, meningkatkan kepadatan rambut, dan melindungi dari kerontokan rambut saat digunakan dalam bentuk suplemen.

4. Ubi jalar

Selain menjadi salah satu sayuran yang paling bersemangat, ubi jalar sangat bergizi dan bagus untuk meningkatkan produksi keratin.

Mereka sangat tinggi dalam provitamin A karotenoid. Provitamin A karotenoid seperti beta karoten diubah menjadi vitamin A dalam tubuh.

Ubi jalar sedang (sekitar 150 gram) menyediakan 1.150 mcg — lebih dari 100% DV — provitamin A. Vitamin A meningkatkan sintesis keratin dan penting untuk kesehatan kulit dan rambut.

Setiap porsi sayuran akar jeruk ini mengandung potasium , mangan, dan vitamin B6 dan C dalam dosis tinggi juga.

5. Biji bunga matahari

Biji bunga matahari gurih, memuaskan, dan beraroma.

Mereka juga merupakan sumber biotin dan protein yang bagus untuk mendukung produksi keratin. Hanya 1/4 cangkir (35 gram) menawarkan 7 gram protein dan 2,6 mcg biotin – 9% dari DV.

Terlebih lagi, biji ini kaya akan berbagai mikronutrien lainnya, termasuk vitamin E , tembaga, selenium, dan asam pantotenat.

6. mangga

Berasal dari Asia Selatan, mangga adalah cara lezat untuk memeras nutrisi ekstra ke dalam makanan Anda sambil mendukung sintesis keratin.

Secara khusus, buah batu tropis ini dikemas dengan provitamin A, dengan 89 mcg — hampir 10% dari DV — di setiap cangkir (165 gram).

Mangga juga kaya akan beberapa nutrisi penting lainnya untuk kesehatan kulit dan rambut, seperti vitamin C dan folat.

7. Bawang putih

Sama seperti bawang merah, bawang putih mengandung banyak N-acetylcysteine ​​, yang diubah tubuh Anda menjadi L-cysteine ​​— asam amino yang ditemukan di keratin.

Baca Juga:  10 Dampak Kurang Tidur bagi Kesehatan Tubuh

Meskipun penelitian lebih lanjut pada manusia diperlukan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa bawang putih dapat membantu kesehatan kulit. Misalnya, satu penelitian tabung menemukan bahwa ekstrak bawang putih melindungi sel-sel keratinosit, yang bertanggung jawab untuk produksi keratin, dari kerusakan ultraviolet.

Penelitian tabung dan hewan lebih lanjut menunjukkan bahwa sayuran allium yang populer ini dapat meningkatkan penyembuhan luka, melawan infeksi mikroba, dan memperlambat tanda-tanda penuaan.

Bawang putih juga menawarkan banyak mikronutrien bermanfaat, termasuk mangan, vitamin B6, dan vitamin C.

8. kale

Kale dikenal karena profil nutrisinya yang mengesankan.

Sayuran berdaun hijau ini merupakan sumber provitamin A yang baik untuk mendukung sintesis keratin, mengandung 50 mcg hanya dalam 1 cangkir mentah (21 gram), yaitu sekitar 6% dari DV.

Ini juga merupakan sumber vitamin C , nutrisi yang larut dalam air yang berfungsi ganda sebagai antioksidan.

Vitamin ini juga membantu merangsang produksi kolagen, sejenis protein yang menjaga kekuatan, struktur, dan elastisitas kulit Anda.

9. Hati sapi

Hati sapi adalah salah satu sumber biotin yang paling terkonsentrasi, menjadikannya pilihan tepat jika Anda ingin meningkatkan produksi keratin secara alami.

Faktanya, hanya 3 ons (85 gram) hati sapi yang dimasak mengandung 31 mcg biotin, melebihi kebutuhan harian Anda sebesar 103% dari DV.

Plus, jumlah yang sama dari hati sapi menyediakan 24,5 gram protein yang cukup dan 7.960 mcg vitamin A – sebuah kekalahan 884% dari DV.

Hati sapi juga merupakan sumber yang sangat baik dari banyak vitamin dan mineral lainnya, seperti vitamin B12, folat, riboflavin, dan zat besi.

10. Wortel

Wortel adalah sayuran akar bergizi tinggi yang terkait erat dengan seledri, peterseli, dan parsnip.

Baca Juga:  Jenis dan Manfaat Olahraga Kardio

Secara khusus, wortel kaya akan provitamin A, dengan 1.070 mcg dalam 1 cangkir cincang (128 gram). Itu lebih dari 100% dari DV.

Mereka juga sarat dengan vitamin C, yang mendorong sintesis kolagen untuk mendukung kesehatan rambut, kulit, dan kuku. Plus, vitamin ini membantu penyembuhan luka, meredakan peradangan , dan melindungi dari kerusakan kulit.

Selain itu, wortel menawarkan banyak biotin, vitamin B6, potasium, dan vitamin K1.

Kesimpulan

Keratin adalah sejenis protein yang meningkatkan kesehatan rambut, kulit, dan kuku Anda.

Beberapa nutrisi spesifik sangat penting untuk sintesis keratin, termasuk protein, biotin, dan vitamin A.

Menikmati diet seimbang yang diisi dengan makanan yang kaya nutrisi ini dapat membantu meningkatkan produksi keratin dalam tubuh Anda.

Makanan ini tidak hanya meningkatkan kesehatan rambut, kulit, dan kuku, tetapi juga kaya akan banyak nutrisi bermanfaat lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *