Anak Demam Pasca Imunisasi, Lakukan Langkah Ini

Bayi
Bayi

Fokus Kesehatan – Ketika anak lahir, secara tidak langsung tubuh anak sudah memiliki antibodi bawaan yang didapatkan dari ibunya saat masih berada di kandungan. Namun, antibodi ini hanya bertahan beberapa minggu atau bulan saja, sehingga setelahnya anak akan rentan terserang berbagai jenis penyakit.

Oleh karena itu, imunisasi sangat penting dilakukan untuk melindungi tubuh anak dari penyakit serius. Dengan melakukannya secara rutin sesuai jadwal dan tahapan usianya, kekebalan tubuh anak bisa meningkat sehingga mampu melawan penyakit. Sayangnya, sebagian orang tua enggan mengimunisasi anaknya karena efek samping yang ditimbulkan pasca imunisasi, misalnya sebagai berikut:

  • Menjadi lebih rewel.
  • Kulit menjadi kemerahan.
  • Bengkak.
  • Demam ringan hingga tinggi.

Efek samping pasca imunisasi merupakan hal yang normal karena akan hilang dalam waktu 1-2 hari, walaupun dalam beberapa kasus bisa berlangsung lebih lama, tetapi kondisi ini tidak perlu dikhawatirkan.

Apakah Demam Pasca Imunisasi Berbahaya?

Imunisasi dasar ada 5 jenis yaitu imunisasi hepatitis B, imunisasi polio, imunisasi BCG, imunisasi DPT, dan imunisasi campak. Dari kelima jenis imunisasi tersebut, hanya imunisasi DPT (Difteri, Pertusis, Tetanus) dan mungkin campak yang dapat memberikan respons demam setelahnya, meski tidak semua anak akan mengalami demam juga.

Cara Mengatasi Demam setelah Imunisasi pada Anak

Demam merupakan kondisi ketika tubuh mengalami peningkatan suhu. Kondisi ini sering timbul pada anak terutama setelah mendapatkan suntikan vaksin atau imunisasi.

Baca Juga:  Penyebab enyakit Disentri, dan Cara Mengobatinya

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Puspariny dkk. (2021), vaksin anak jenis DPT sering kali menimbulkan demam atau panas pada anak.

Walau begitu, demam pasca imunisasi pada anak merupakan hal wajar karena sistem imun sedang beradaptasi dengan komponen vaksin yang baru dimasukkan ke dalam tubuh.

Namun, tetap ada beberapa cara mengatasi demam setelah imunisasi pada anak yang perlu dilakukan oleh Anda sebagai orang tua, yaitu:

1. Pantau Kondisi Si Kecil secara Berkala

Cara mengatasi demam setelah imunisasi yang pertama adalah memantau kondisi tubuh si kecil secara berkala.

Anda perlu rutin mengecek suhu tubuh si kecil menggunakan termometer setiap 2 sampai 3 jam sekali untuk memastikan demam yang terjadi tidak terlalu tinggi.

Di samping itu, Anda juga dapat menemani dan memberikan perhatian penuh kepada si kecil saat sedang berbaring di kamar tidur.

Dengan begitu, anak akan merasa tenang dan nyaman karena melihat kehadiran orang tua di sampingnya ketika sedang sakit.

2. Perhatikan Suhu dan Kelembapan Ruangan

Suhu serta kelembapan ruangan adalah hal yang penting untuk diperhatikan agar tubuh si kecil tetap mendapatkan udara segar saat sedang demam.

Anda dapat membuka jendela di pagi hari untuk memastikan sirkulasi udara di dalam kamar anak tetap lancar.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan humidifier agar kelembapan udaranya terjaga.

3. Kompres Dingin

Kompres dingin menjadi salah satu cara menurunkan demam setelah imunisasi pada anak yang dinilai cukup efektif.

Kompres dingin bisa digunakan untuk membantu menurunkan suhu badan. Selain itu, suhu dingin juga memiliki efek analgetik sehingga dapat mengurangi rasa nyeri pada area suntikan.

Namun, Anda perlu memastikan suhu dingin yang digunakan untuk mengompres ini tak terlalu rendah agar tubuh si kecil tidak menggigil.

Baca Juga:  Penyebab Bayi Muntah Setelah Minum Susu Formula

4. Cukupi Waktu Istirahat

Bila kondisi tubuh anak sedang tidak fit, seperti demam, Anda perlu membiarkannya untuk memperbanyak waktu istirahat, terutama tidur.

Cara mengatasi demam setelah imunisasi satu ini dimaksudkan agar memberikan waktu untuk tubuh dalam memulihkan kondisinya secara alami.

Biarkan anak untuk tidur selama 10 sampai 11 jam sehari agar tubuh dapat mengatasi demam secara alami dengan optimal.

5. Perbanyak Minum Air Putih

Anda juga disarankan untuk memberikan air putih yang cukup untuk si kecil sebagai cara mengatasi demam setelah imunisasi.

Pasalnya, penelitian dari Kırklaerli University, Turki menyebutkan bahwa minum air putih turut mengoptimalkan metabolisme tubuh sehingga sistem imunitas anak lebih terjaga apalagi saat sedang demam.

6. Gunakan Pakaian Longgar

Cara mengatasi demam setelah imunisasi yang terakhir adalah mengenakan pakaian longgar untuk si kecil. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan suhu panas keluar dari tubuh si kecil [2].

Anda juga dapat mengenakan selimut yang lembut pada anak untuk menjaga suhu tubuhnya agar tetap stabil.

Itu dia beberapa cara mengatasi demam setelah imunisasi pada anak yang bisa Anda coba lakukan di rumah.

Bila demam si kecil tidak kunjung mereda walaupun telah melakukan cara di atas, jangan ragu untuk segera mengunjungi dokter, ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *