Cara Mengecilkan Pipi yang Tembem Secara Alami

Cara Menjadi Orang Bahagia
Cara Menjadi Orang Bahagia

FOKUS KESEHATAN – Ada banyak cara mengecilkan pipi yang dapat dilakukan dengan mudah dan sehat, tanpa harus mengikuti perawatan-perawatan dokter. Seperti yang diketahui, untuk cara yang instan, mengecilkan pipi dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa metode, salah satunya treatment laser 4D.

Penyebab pipi tembem ini juga cukup beragam, mulai dari mengonsumsi minuman beralkohol, dehidrasi, mengonsumsi garam yang berlebihan, hingga terlalu banyak mengonsumsi makanan yang berlemak. Nah, ingin tahu bagaimana cara mengecilkan pipi? Simak informasinya pada artikel di bawah ini.

Penyebab pipi tembem

Tidak semua orang percaya diri ketika memiliki pipi yang besar. Oleh karena itu, ada yang memilih untuk mencari cara mengecilkan pipi. Namun, sebelum mengetahui bagaimana cara mengecilkan pipi, penting juga untuk mengetahui penyebab-penyebabnya.

Menyadur laman Medical News Today, berikut beberapa penyebab pipi tembem yang perlu diketahui.

1. Kelebihan lemak

Penyebab pipi tembem yang paling utama adalah kelebihan lemak di dalam tubuh.

Kondisi ini bisa terjadi ketika seseorang mengonsumsi lebih banyak kalori dibandingkan dengan membakarnya.

Terlebih jika jenis makanan yang dikonsumsi sudah terlalu banyak karbohidrat sederhana dan tidak seimbang.

2. Mengonsumsi garam yang berlebihan

pipi tembem juga bisa disebabkan oleh garam yang dikonsumsi terlalu berlebihan.

Hal ini karena natrium yang memiliki sifat mengikat air dalam tubuh, termasuk bagian wajah, sehingga membuat seseorang terlihat lebih gemuk daripada yang seharusnya.

Baca Juga:  Berapa Hari Manusia Bisa Bertahan Tanpa Makan dan Minum

3. Efek samping steroid

Penggunaan steroid dalam jangka waktu yang panjang berpotensi menimbulkan pipi semakin besar atau moon face.

Sebetulnya, mengalami efek samping ini adalah hal yang normal, untuk meredakannya segera berkonsultasi dengan dokter.

Namun, lebih berhati-hatilah dengan obat gemuk kemasan yang berkedok alami atau herbal.

Cara Meniruskan Pipi

pipi tembem dapat diatasi dengan melakukan beberapa cara. Cara-cara tersebut jika diterapkan secara rutin dapat memberikan hasil yang maksimal.

Menyadur laman Good to Know, berikut beberapa cara mengecilkan pipi yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

1. Menerapkan facial workout

Cara mengecilkan pipi dapat dilakukan dengan menerapkan facial workout. Metode ini dipercaya dapat membuat otot wajah semakin kencang. Namun, bagaimana cara melakukan facial workout yang tepat? Berikut informasinya.

  1. Ucapkan huruf X dan O secara bergantian. Nantinya, otot sekitar mulut akan mengencang. Lakukan facial workout ini secara berkala dan ulangi sesering mungkin.
  2. Kencangkan otot pipi untuk mengecilkan penampilan wajah. Hisap masuk kedua pipi dan ulangi sebanyak 20 kali setiap hari.
  3. Untuk seluruh otot wajah, buka mulut selebar dan sebulat mungkin. Tahan selama 5 detik dan ulangi hingga 30 kali per hari.
  4. Tarik masuk udara ke dalam mulut sampai wajah tampak bulat dan tembam. Biarkan mulut tutup dan gerakkan udara dalam mulut dari satu sisi ke sisi lainnya. Lakukan selama 5 menit per hari.
  5. Lakukan facial massage untuk mengurangi lemak berlebihan pada wajah. Hal ini juga dapat meningkatkan sirkulasi udara dan darah yang dapat membuat kulit kencang.

2. Rutin melakukan kardio

Menurut laman KJ Nutrition & Fitness, melakukan kardio, seperti berlari, bersepeda, dan jalan dapat menjadi cara efektif untuk membakar kalori. Dengan menurunnya jumlah kalori di dalam tubuh, produksi lemak pada tubuh pun juga bisa berkurang.

Baca Juga:  Penyebab Darah Haid Berwarna Coklat

Tidak hanya itu, kardio juga dapat meningkatkan kecepatan jantung. Oleh sebab itu, rutin melakukan kardio dianggap efektif untuk menurunkan berat badan, tetapi juga menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar.

3. Perbaiki jadwal tidur

Waktu tidur yang cukup bisa menjadi faktor esensial untuk mengurangi berat badan yang nantinya akan memengaruhi bentuk pipi.

Selain itu, kekurangan tidur juga dapat meningkatkan hormon stres yang berujung pada kenaikan berat badan.

Beberapa studi menemukan bahwa kekurangan tidur dapat menyebabkan metabolisme rendah dan meningkatkan konsumsi makanan.

Maka dari itu, usahakan beristirahat sebanyak 8 jam per malam sebagai salah satu cara mengecilkan pipi.

4. Mengurangi konsumsi alkohol

Alkohol dapat menyebabkan pipi seseorang menjadi lebih besar. Jenis-jenis alkohol tersebut, yakni wine, bir, atau lainnya.

Nah, minuman beralkohol tersebut dapat menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi. Ketika dehidrasi, tubuh akan berusaha menyimpan air sebanyak mungkin, sehingga tubuh tampak membengkak.

Lebih lanjut, U.S. Dietary Guidelines for Americans menyebutkan bahwa pria hanya diperbolehkan minum alkohol sebanyak dua gelas per hari, sementara, wanita hanya minum alkohol segelas per hari.

5. Mengonsumsi banyak air putih

Menyadur laman Lucy Locket Loves, air putih dapat membantu seseorang menurunkan berat badan. Oleh karena itu, pastikan untuk mengonsumsi air putih yang banyak untuk menjaga hidrasi tubuh.
Sebab, air putih memiliki peran yang besar dalam menurunkan berat badan.

Tidak hanya itu, tingkat konsumsi air yang cukup juga dapat membuat kulit tampak lebih cerah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *