Jalan Situregen – Cigemblong di Lebak Selatan Diresmikan Bupati

Jalan Situregen – Cigemblong di Lebak Selatan Diresmikan Bupati
Bupati Lebak, H. Iti Octavia Jayabaya

FOKUS LEBAK – Pembangunan jalan yang menghubungkan antara Kecamatan Panggarangan dan Kecamatan Cigemblong di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, telah rampung dikerjakan. Jalan sepanjang 26,9 kilometer tersebut diresmikan langsung oleh Bupati Lebak, H. Iti Octavia Jayabaya, pada Kamis (21/9/2023).

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Lebak, Hamdan¬†Soleh, mengatakan bahwa jalan Situregen – Cigemblong merupakan salah satu prioritas pembangunan di wilayah Lebak Selatan. “Jalan ini sangat strategis karena menghubungkan dua kecamatan yang memiliki potensi pertanian, perkebunan, dan pariwisata,” ujarnya melalui pesan singkat.

Menurut Hamdan, jalan Situregen – Cigemblong terdiri dari dua jenis konstruksi, yaitu jalan beton dengan panjang 2.650 meter dan lebar 5 meter, serta jalan hotmix dengan panjang 24.250 meter dan lebar 4,5 meter. Pembangunan jalan ini menelan anggaran sebesar Rp 74 miliar yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Lebak dengan kontrak multiyear 2022-2023.

Hamdan berharap bahwa dengan adanya pembangunan jalan ini, perekonomian warga setempat dapat berjalan dengan lancar. “Jalan ini akan mempermudah akses transportasi dan distribusi hasil-hasil pertanian dan perkebunan dari Lebak Selatan ke daerah lain. Selain itu, jalan ini juga akan mendukung pengembangan sektor pariwisata yang memiliki potensi besar di sini,” tuturnya.

Pembangunan jalan yang menghubungkan antara Kecamatan Panggarangan dan Kecamatan Cigemblong di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten
Pembangunan jalan yang menghubungkan antara Kecamatan Panggarangan dan Kecamatan Cigemblong di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten

Sementara itu, Bupati Lebak, H. Iti Octavia Jayabaya, dalam sambutannya saat meresmikan jalan Situregen – Cigemblong, mengapresiasi kinerja DPUPR Lebak dan pihak ketiga yang telah menyelesaikan pembangunan jalan tersebut sesuai dengan target waktu dan kualitas. Ia juga mengimbau kepada warga agar dapat merawat dan menjaga jalan tersebut agar tetap dalam kondisi baik.

“Mari kita bersyukur dan berbangga dengan adanya pembangunan ini yang merupakan bukti komitmen pemerintah daerah untuk mensejahterakan masyarakat,” ucapnya.

Bupati juga mengatakan bahwa pembangunan jalan Situregen – Cigemblong merupakan bagian dari program pembangunan infrastruktur di Kabupaten Lebak yang terus digenjot oleh pemerintah daerah. Ia menambahkan bahwa masih ada beberapa ruas jalan lain yang sedang dalam proses pembangunan atau perbaikan di wilayah Lebak Selatan maupun Lebak Utara.

“Kita tidak akan berhenti untuk membangun infrastruktur di Lebak karena ini adalah salah satu syarat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kita akan terus berusaha untuk menyediakan fasilitas publik yang layak bagi masyarakat Lebak,” tandasnya.
(ak)