Penyebab Web Efaktur Tidak Bisa Login – FOKUS PAJAK

Penyebab Upload E-Faktur Reject dengan Kode ETAX-30023

FOKUS PAJAK – Web efaktur merupakan aplikasi efaktur dalam versi website yang bisa Anda gunakan saat ingin melapor SPT Pajak. Untuk menggunakan web efaktur, PKP atau Pengusaha Kena Pajak harus benar-benar memastikan bahwa browser komputer sudah terpasang sertifikat elektronik.

Sebab banyak PKP yang mengalami web efaktur gagal terus untuk login. Jadi kita tidak bisa melapor SPT pajak perusahaan. Apalagi jika kita web efaktur terus eror, maka perusahaan akan dikenai denda.

Web efaktur tidak bisa login menjadi masalah utama yang paling sering dialami pengusaha. Sebab ketika kita ingin melapor pajak, justru tidak bisa input NSFP atau nomor seri faktur pajak.

Baca juga: Penyebab Upload E-Faktur Reject dan Cara Mengatasinya

Tentu saja sebagai pengusaha, kita ingin bayar pajak tepat waktu. Sebab jika eror secara terus menerus kita juga akan dikenai denda.

e-Faktur Tidak Bisa Dibuka, Ini Penyebab dan Solusinya

Banyak pengguna yang mengeluhkan web efaktur tidak bisa masuk dan eror ke sosial media Kring Pajak. Padahal kita sudah siap untuk menerima efaktur dan melakukan pembayaran.

Saat menggunakan aplikasi e-Faktur, terkadang wajib pajak mengalami sejumlah kendala. Salah satu kendala tersebut adalah e-Faktur tidak bisa dibuka.

Penyebabnya bisa beragam. Nah, untuk mengetahui penyebab aplikasi e-Faktur tidak bisa dibuka dan solusinya, mari simak uraian selengkapnya di bawah ini.

Penyebab e-Faktur Tidak Bisa Dibuka

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, terdapat berbagai penyebab e-Faktur Tidak Bisa Dibuka. Berikut ini alasan atau penyebab e-Faktur tidak bisa dibuka:

  • PKP masih menggunakan e-Faktur versi lama.
  • Salah memasukkan Nomor Seri Faktur Pajak (NSFP).
  • Sertifikat elektronik e-Faktur sudah kedaluwarsa.
  • Database ETAX Invoice error.

Anda mungkin pernah mengalami satu dari sekian penyebab yang disebutkan di atas. Lalu, seperti apa solusi dari masalah-masalah tersebut?

Penyebab Web Efaktur Tidak Bisa Login

Ada beberapa penyebab yang membuat kita tidak bisa mengakses web efaktur. Hal ini bisa disebabkan beberapa faktor terutama karena banyaknya masyarakat wajib pajak yang ingin membayar pajak di waktu yang bersamaan.

BACA JUGA:  Jokowi Teken PP 23 Tahun 2022, Direksi Wajib Tanggung Jawab Penuh Jika BUMN Merugi

Berikut ini beberapa penyebab web efaktur muter terus dan tidak bisa login:

Server Web Efaktur Eror

Banyaknya masyarakat wajib pajak yang ingin membayar pajak di waktu yang bersamaan bisa menyebabkan server down. Beberapa masyarakat berhasil masuk ke web efaktur namun loading terus.

Karena banyaknya traffic yang masuk ke web efaktur membuat website bermasalah hari ini sehingga banyak masyarakat yang tidak bisa login atau tidak bisa melakukan pembayaran pajak.

Web efaktur tidak bisa masuk disebabkan karena banyaknya akses menuju web ini dari seluruh wilayah Indonesia. Hal inilah yang membuat kamu tidak bisa tersambung padahal ada kuota.

Jaringan Internet Tidak Stabil

Penyebab kedua yang paling sering membuat kita tidak bisa login ke web efaktur adalah karena jaringan internet yang tidak stabil.

Biasanya website otomatis mengeluarkan notifikasi “tidak ada koneksi internet” jika jaringan internet yang kita gunakan tidak stabil untuk mengakses web efaktur.

Sebab untuk mengakses web efaktur, kita membutuhkan koneksi yang cepat dan kuat agar bisa masuk. Karena banyak juga masyarakat yang sedang mengakses web efaktur.

Diblokir Penyedia Wifi

Jika kita terus mencoba untuk login ke web efaktur, namun internet kita tidak stabil maka penyedia wifi bisa memblokir situs efaktur.

Salah satu tanda kamu tidak bisa membuka web efaktur yang diblokir penyedia wifi adalah loading terus padahal jaringan internet ada.

Masalah Cookie dan Cache

Penyebab selanjutnya mengapa kita tidak bisa membuka web efaktur adalah karena cookie dan cache browser yang kita gunakan. Karena masalah ini biasanya kita tidak dapat tersambung dengan situs apapun.

Baca juga: Solusi e-Faktur Reject Namun Tidak Ada Keterangan Error

Kamu bisa melihat di pengaturan browser untuk melihat apakah ada masalah dengan cookie atau cache. Kamu bisa menghapusnya agar bisa mengakses web efaktur.

Diblokir Pihak Pajak

Untuk masalah ini sebenarnya jarang sekali terjadi kecuali kamu melakukan tindakan yang menjurus ke tindak penipuan menggunakan akun pajak kamu.

Namun ketika kamu salah memasukkan password selama 3 kali juga bisa menjadi kemungkinan akun kamu sudah diblokir pihak pajak. Kamu tidak akan bisa mengakses akun pajak sampai kamu mendapatkan verifikasi ulang dari email yang terdaftar untuk mengganti password.

BACA JUGA:  Hacker Mencuri 288.000 Poin Frequent Flyer Untuk Liburan di Bali

Akun di Hack

Akun pajak dihack kemungkinannya sangat kecil, namun tidak memungkiri sebagian masyarakat pernah mengalaminya. Hal ini bisa terjadi jika kita belum memverifikasi akun pajak yang sudah dibuat sebelumnya.

Untuk menghindari hal ini, kamu bisa logout setiap selesai transaksi atau kamu segera lakukan verifikasi akun.

Salah Masukkan ID dan Password

Hal ini paling sering terjadi dan menyebabkan akun kamu diblokir pihak pajak. Sebab pihak pajak bisa melihat adanya tindakan mencurigakan dari akun pajak kamu.

Jika kamu tidak yakin dengan password, lebih baik gunakan opsi lupa password dan buatlah password baru. Jangan mencobanya sampai 3 kali sebab akun bisa terblokir.

Cara Mengatasi Web Efaktur Tidak Bisa Login

Setelah kita mengetahui apa saja penyebab web efaktur eror, selanjutnya kita perlu mengetahui cara mengatasi web efaktur agar kita bisa login dan membayar pajak. Berikut cara yang bisa kita lakukan:

Pastikan Akun Sudah Di Verifikasi

Web efaktur yang tidak bisa digunakan bisa disebabkan karena akun belum ter verifikasi. Saat kamu membuat akun pajak, segeralah lakukan verifikasi.

Biasanya pihak pajak langsung memberikan notifikasi untuk segera melakukan verifikasi akun. Hal ini bisa mencegah akun kamu di hack dan kamu bisa membayar pajak dengan aman sebab sudah ter verifikasi oleh kantor pajak.

Gunakan Lupa Password

Jika kamu lupa password akun pajak, segeralah untuk menggunakan opsi lupa password. Jangan mencobanya sampai 3x sebab kamu bisa terblokir oleh pihak pajak.

Opsi lupa password biasanya ada pada halaman awal web efaktur. Pihak pajak akan segera mengirimkan email notifikasi untuk segera mengganti password setelah kamu mengajukan lupa password.

Paksa Berhenti Browser

Ketika kita tidak bisa login ke web efaktur padahal ada kuota, bisa jadi ada masalah dengan browser yang kamu gunakan. Untuk mengatasinya kamu bisa paksa berhenti browser.

Caranya kamu bisa melihat ke pengaturan browser dan pilih Force Stop. Setelah melakukan berhenti paksa, kamu bisa membuka kembali browser dan masukkan alamat web efaktur pasti kamu sudah bisa login.

Restart Perangkat

Cara ini paling ampuh untuk mengatasi web efaktur yang tidak bisa login. Kamu bisa restart perangkat yang kamu gunakan untuk mengakses web efaktur.

Segera lakukan restart jika sudah berkali-kali tidak bisa login ke web efaktur atau tidak bisa melakukan transaksi apapun.

Ganti Jaringan Internet ke yang Lebih Stabil

Jaringan internet yang tidak stabil menyebabkan kamu tidak bisa login ke web efaktur. Gantilah jaringan internet ke yang stabil.

BACA JUGA:  Singgung Kekacauan Akibat Ulah Barat, Vladimir Putin Curhat ke Jokowi

Sebab untuk mengakses web efaktur kamu membutuhkan jaringan yang stabil karena harus berebut dengan ratusan ribu orang yang sama-sama mengakses web efaktur.

Hapus Data Browser

Jika kamu mengalami web efaktur gagal terus untuk login, maka bisa jadi ada masalah dengan browser. Untuk mengatasinya kamu bisa menghapus data browser di pengaturan browser.

Menghapus data bisa membuat browser menjadi lebih ringan dan kamu bisa membuka web efaktur dengan lancar tanpa kendala.

Ganti Browser

Jika kamu tidak bisa login ke web efaktur menggunakan satu browser, maka cobalah untuk ganti browser yang lain. Sebab browser sudah terlalu banyak membuka situs web dan membuat kita menunggu lama untuk loading di web efaktur.

Hapus Cache dan Cookie

Menghapus cache dan cookie bisa meringankan browser yang kita gunakan untuk membuka web efaktur. Cara ini mirip dengan menghapus data yang kita lakukan.

Kamu bisa menemukan cache dan cookie di halaman browser kamu. Segera hapus sebab ini bisa menjadi masalah.

Gunakan VPN atau DNS Resolver

Jika kamu mengalami masalah jaringan internet saat mengakses web efaktur, cobalah untuk menggunakan VPN atau DNS resolver agar menggunakan jaringan di negara lain.

Menggunakan VPN atau DNS resolver bisa membuat web efaktur loading lebih cepat karena jaringan di negara kita yang sedang eror.

Lapor ke Layanan Customer Service

Jika kamu terus mengalami kendala dan tidak bisa menggunakan cara diatas, segera laporkan ke CS kring pajak. Biasanya di web efaktur ada opsi lapor CS jika mengalami kendala dalam membayar pajak.

Bisa melalui twitter https://mobile.twitter.com/kring_pajak atau bisa ke halaman https://pajak.go.id/hubungi-kami

Itulah beberapa penyebab web efaktur tidak bisa diakses dan bagaimana cara mengatasinya. Masalah web efaktur yang tidak bisa login sering dialami pengguna saat ingin membayar pajak.

Kamu bisa menggunakan cara diatas untuk mengatasinya. Namun untuk lebih jelasnya, kamu bisa menghubungi CS kring pajak jika mengalami kendala terus menerus.

CS akan segera merespons keluhanmu dalam waktu singkat. Biasanya mereka juga mengirim email untuk solusi dari masalah login web efaktur yang tidak bisa dilakukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *