Layani LDF Rute Patimban-Pontianak dan Patimban-Banjarmasin, ASDP Kembali Operasikan KMP Ferrindo V

PT ASDP Indonesia Ferry mengoperasikan kembali KMP Ferrindo V mulai Selasa, 3 Oktober 2023 untuk pelayaran jarak jauh (Long Distance Ferry) dengan lintasan Patimban - Pontianak dan Patimban - Banjarmasin.

Layani LDF Rute Patimban-Pontianak dan Patimban-Banjarmasin, ASDP Kembali Operasikan KMP Ferrindo V
KMP Ferrindo V

FOKUS SUBANG – Pengembangan infrastruktur dan konektivitas transportasi memegang peran penting dalam memajukan ekonomi suatu wilayah. Di tengah pertumbuhan ekonomi yang pesat, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) meluncurkan kembali KMP Ferrindo V, kapal dengan kapasitas besar berukuran 3556 GT, untuk melayani lintasan Patimban-Pontianak dan Patimban-Banjarmasin. Keputusan ini bertujuan untuk mengoptimalkan pelabuhan Patimban dan memperkuat jaringan logistik antara pulau Jawa dan Kalimantan.

Baca juga: Bakauheni Harbour City: Destinasi Pariwisata Terdepan dengan Fasilitas Terbaik

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry, Shelvy Arifin, menyambut positif pengoperasian kembali KMP Ferrindo V. Dalam pernyataannya, ia mengungkapkan pentingnya layanan ini dalam mendukung penyeberangan angkutan barang di rute alternatif penghubung logistik antara pulau Jawa dan Kalimantan. Dengan kata lain, KMP Ferrindo V akan menjadi tulang punggung bagi pergerakan barang di wilayah ini.

Shelvy Arifin juga menjelaskan manfaat lainnya dari pengoperasian KMP Ferrindo V. Dengan adanya layanan ini, tingkat kemacetan dan beban jalan akibat volume kendaraan yang besar dapat berkurang, dan hal ini berkontribusi pada pengurangan polusi udara dari emisi gas buang kendaraan jalan. Selain itu, layanan lintas LDF ini juga akan merangsang pertumbuhan sektor industri dan perdagangan, menciptakan dampak berantai yang positif, terutama di dua titik penyeberangan ini dan secara nasional.

Baca juga: Komisi XI DPR RI Setujui PMN ASDP 12 Unit Kapal Senilai Rp 388 Miliar dalam Bentuk BMN

Kehadiran layanan LDF lintas Patimban-Pontianak dan Patimban-Banjarmasin diharapkan dapat mendukung pembangunan daerah sekitar pelabuhan Patimban dan dua kota di Kalimantan. Dengan adanya konektivitas yang lebih baik, diharapkan akan muncul pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru yang akan memberikan kontribusi signifikan terhadap pembangunan nasional secara keseluruhan.

Shelvy Arifin menegaskan bahwa keselamatan dan keamanan kapal adalah prioritas utama bagi ASDP. KMP Ferrindo V telah memenuhi standar keselamatan yang ketat sebelum kembali berlayar, memastikan pengalaman perjalanan yang aman bagi penumpang dan pengiriman barang.

Layani LDF Rute Patimban-Pontianak dan Patimban-Banjarmasin, ASDP Kembali Operasikan KMP Ferrindo V
Layani LDF Rute Patimban-Pontianak dan Patimban-Banjarmasin, ASDP Kembali Operasikan KMP Ferrindo V

Rute dan Jadwal Perjalanan

KMP Ferrindo V memiliki kapasitas angkut sebanyak 109 unit kendaraan kecil dan campuran. Untuk lintasan Patimban – Pontianak, kapal ini dijadwalkan berangkat tiga kali dalam sebulan, dengan waktu tempuh sekitar 38 jam. Jadwal keberangkatan yang tersedia di bulan ini adalah pada tanggal 3, 10, dan 24 Oktober 2023 dari Patimban menuju Pontianak, serta tanggal 5, 12, dan 26 Oktober 2023 dari Pontianak menuju Patimban. Jam keberangkatan akan disesuaikan dengan kondisi pasang surut laut dan intensitas kegiatan di dermaga.

Sementara itu, untuk lintasan Patimban – Banjarmasin, KMP Ferrindo V akan berlayar sejauh 444 mil, dengan waktu tempuh sekitar 40 jam, dua jam lebih lama dibandingkan dengan rute menuju Pontianak. Kapal ini akan berlayar satu kali dalam sebulan, dengan jadwal keberangkatan di bulan ini pada tanggal 17 Oktober 2023 dari Patimban menuju Banjarmasin, serta tanggal 19 Oktober 2023 dari Banjarmasin menuju Patimban. Jam keberangkatan akan mengikuti kondisi pasang surut laut dan intensitas kegiatan di dermaga.

Tarif Penyeberangan

Berikut adalah tarif penyeberangan untuk lintasan Patimban – Pontianak:

Penumpang:

  • Dewasa: Rp 68.000
  • Bayi: Rp 7.000

Kendaraan:

  • Golongan I (sepeda): Rp 75.300
  • Golongan II (sepeda motor di bawah 500cc): Rp 133.100
  • Golongan III (sepeda motor di atas 500cc dan kendaraan roda tiga): Rp 284.100
  • Golongan IV A (kendaraan bermotor penumpang sampai dengan 5 meter): Rp 1.760.100
  • Golongan IV B (kendaraan bermotor barang sampai dengan 5 meter): Rp 1.864.000
  • Golongan V A (kendaraan bermotor penumpang dengan panjang 5-7 meter): Rp 3.210.600
  • Golongan V B (kendaraan bermotor barang dengan panjang 5-7 meter): Rp 2.961.600
  • Golongan VI A (kendaraan bermotor penumpang dengan panjang 7-10 meter): Rp 4.151.000
  • Golongan VI B (kendaraan bermotor barang dengan panjang 7-10 meter): Rp 4.138.100
  • Golongan VII (kendaraan bermotor barang berikut gandengan dengan ukuran panjang 10-12 meter): Rp 4.879.100
  • Golongan VIII (kendaraan bermotor barang berikut gandengan dan kendaraan alat berat dengan ukuran panjang 12-16 meter): Rp 6.803.200
  • Golongan IX (kendaraan bermotor barang berikut gandengan dan kendaraan alat berat dengan ukuran panjang lebih dari 16 meter): Rp 10.900.700

Untuk lintasan Patimban – Banjarmasin, tarif penyeberangan adalah sebagai berikut:

Penumpang:

  • Dewasa: Rp 70.100
  • Bayi: Rp 7.200

Kendaraan:

  • Golongan I (sepeda): Rp 95.300
  • Golongan II (sepeda motor di bawah 500cc): Rp 168.800
  • Golongan III (sepeda motor di atas 500cc dan kendaraan roda tiga): Rp 359.700
  • Golongan IV A (kendaraan bermotor penumpang sampai dengan 5 meter): Rp 1.798.000
  • Golongan IV B (kendaraan bermotor barang sampai dengan 5 meter): Rp 1.890.300
  • Golongan V A (kendaraan bermotor penumpang dengan panjang 5-7 meter): Rp 1.890.300
  • Golongan V B (kendaraan bermotor barang dengan panjang 5-7 meter): Rp 3.215.700
  • Golongan VI A (kendaraan bermotor penumpang dengan panjang 7-10 meter): Rp 4.469.200
  • Golongan VI B (kendaraan bermotor barang dengan panjang 7-10 meter): Rp 4.463.600
  • Golongan VII (kendaraan bermotor barang berikut gandengan dengan ukuran panjang 10-12 meter): Rp 5.067.000
  • Golongan VIII (kendaraan bermotor barang berikut gandengan dan kendaraan alat berat dengan ukuran panjang 12-16 meter): Rp 6.928.100
  • Golongan IX (kendaraan bermotor barang berikut gandengan dan kendaraan alat berat dengan ukuran panjang lebih dari 16 meter): Rp 11.100.200

Pemesanan Tiket

Untuk pemesanan tiket penyeberangan lintasan Patimban-Pontianak dan Patimban-Banjarmasin, Anda dapat menghubungi hotline WhatsApp +62 811-1021-191.

Peresmian Pelayaran Perdana

Turut hadir dalam peresmian pelayaran perdana KMP Ferrindo V adalah Fahmi Alweni, Senior General Manager Regional II ASDP Indonesia Ferry, Syamsul Bahri, Vice President K2L (Kesehatan, Keselamatan, dan Lingkungan), dan Zulpidon, Vice President Keperintisan CS ASDP.

Pengoperasian kembali KMP Ferrindo V ini menjadi langkah penting dalam mendukung konektivitas antara pulau Jawa dan Kalimantan, serta berperan dalam pengembangan ekonomi daerah sekitar pelabuhan Patimban. ASDP Indonesia Ferry terus berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik dan mendukung pertumbuhan ekonomi nasional dengan keselamatan dan keamanan sebagai prioritas utama.

Kesimpulan

Pengoperasian kembali KMP Ferrindo V oleh PT ASDP Indonesia Ferry adalah langkah penting dalam mendukung konektivitas dan pertumbuhan ekonomi antara pulau Jawa dan Kalimantan. Layanan LDF ini tidak hanya mengurangi kemacetan dan polusi udara, tetapi juga berkontribusi pada pembangunan daerah sekitar pelabuhan Patimban dan dua kota di Kalimantan. Dengan tarif yang kompetitif dan komitmen pada keselamatan penumpang, KMP Ferrindo V menjadi pilihan terbaik untuk penyeberangan lintasan Patimban-Pontianak dan Patimban-Banjarmasin. Jangan ragu untuk memesan tiket Anda dan merasakan pengalaman perjalanan yang aman dan nyaman bersama ASDP Indonesia Ferry. (Budi)