Warga Desa Wirana Gotong Royong Bangun Saluran Air Bersih, Pemerintah Diminta Terlibat

SERANG, FOKUS.CO.ID – Desa Wirana, yang terletak di Kecamatan Pamarayan, Kabupaten Serang, Provinsi Banten, sedang berjuang untuk melestarikan budaya gotong royong mereka. Warga masyarakat Kampung Apun Talun telah bergotong royong dalam membersihkan sumur tua yang menyediakan air bersih dan membangun saluran air. Namun, mereka sangat membutuhkan perhatian dari pemerintah.

Rahmat Beton, seorang tokoh pemuda setempat, mengungkapkan bahwa seluruh warga mendukung kegiatan gotong royong ini. Mereka telah membersihkan sampah dan dedaunan di sekitar sumur tua agar airnya terlihat bersih, serta menggali saluran air.

“Para ibu juga sangat antusias terhadap gotong royong ini karena mereka ingin memiliki sumber air bersih, merawat serta melestarikan sumur tua yang telah berusia puluhan tahun, tetapi masih mampu menghasilkan air bersih,” katanya.

“Warga telah membeli bahan bangunan seperti selkon bata apung, semen, dan pasir secara swadaya untuk membangun saluran irigasi sepanjang 150 meter,” tambahnya.

Namun, untuk menghadapi musim hujan, mereka perlu mengantisipasi agar air dari dataran tinggi tidak langsung masuk ke dalam sumur air yang bersih. Untuk menjaga agar air tetap bersih, mereka juga merencanakan agar pembuangan air dari sumur langsung dialirkan ke pesawahan warga. “Ada sekitar 80 rumah yang sangat membutuhkan pasokan air bersih ini,” ungkap Rahmat.

“Namun, saat ini sumur masih belum selesai dibangun karena terbatasnya dana yang ada. Kami baru berhasil membangun saluran airnya saja,” jelas Rahmat.

Selanjutnya, budaya gotong royong memiliki nilai positif yang sangat penting dan perlu dilestarikan. Warga Desa Wirana melaksanakan acara gotong royong ini setiap tahun, dan mereka berharap agar pemerintah setempat memberikan perhatian yang lebih serius terhadap hal ini. “Kami butuh bantuan dan perhatian dari pemerintah setempat,” harap Rahmat.

Dengan adanya perhatian dan dukungan yang memadai dari pemerintah, warga Desa Wirana yakin bahwa mereka dapat menjaga dan melestarikan budaya gotong royong serta memastikan pasokan air bersih yang berkelanjutan bagi masyarakat setempat. Semoga inisiatif mereka dalam membangun sumur dan saluran air ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi kehidupan sehari-hari warga Desa Wirana.

Disclaimer: Seluruh materi artikel/berita (teks, foto, video, logo) yang terdapat dalam seluruh situs keluarga besar PT. ANTERO INTI MEDIA dilindungi undang-undang hak cipta. dilarang memproduksi ulang, mengutip, tanpa izin dari fokus.co.id, atau setidaknya harus menyertakan sumber link aktif.