Finance

Penyebab Upload E-Faktur Reject dan Cara Mengatasinya

×

Penyebab Upload E-Faktur Reject dan Cara Mengatasinya

Sebarkan artikel ini
silicon valley
Sumber gambar dari pixabay

FOKUS.CO.ID – Saat mengipload efaktur kadang kita menjumpai status faktur pajak reject. Idealnya, jika data-data dimasukan secara benar dan sesuai aturan maka proses upload faktur pajak akan berstatus sukses approval.

Jika yang ditemui adalah status faktur pajak reject, maka besar kemungkinan ada kekeliruan pada proses pengisian data faktur pajak. Atau, status faktur pajak reject pada e-Faktur disebabkan adanya gangguan pada koneksi internet, sehingga e-Faktur tidak bisa melakukan upload faktur pajak dengan sempurna.

Baca juga: Solusi e-Faktur Reject Namun Tidak Ada Keterangan Error

Dalam status faktur pajak reject, pengguna e-Faktur sebenarnya bisa mengecek langsung alasan keluarnya status tersebut. Penyebabnya cukup bervariasi, namun jangan khawatir, sebab solusinya juga bervariasi tergantung dari alasan penyebab status faktur pajak reject.

Dalam artikel berikut, akan dibahas beberapa penyebab utama status faktur pajak reject muncul pada aplikasi e-Faktur, serta tentunya solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

DAFTAR LENGKAP ERROR EFAKTUR, PENYEBAB DAN SOLUSINYA : ETAX, ETAX SERVICE, ETAX API, ERROR EFAKTUR

No.Error 2.0PenyebabSolusi
1.ETAX-API-00001Terjadi kesalahan pada service master file DJPSilakan coba beberapa saat lagi. Hubungi petugas jika masih belum berhasil
2.ETAX-API-00003Nomor Seri Faktur Pajak Bukan Jatah Penjual[1] Masukkan tanggal yang sesuai dan tidak boleh lebih kecil dari tanggal permohonan Nomor Seri Faktur Pajak yang Anda terima.
[2] Gunakan aplikasi OnlinePajak untuk kemudahan input nomor seri faktur pajak. Hanya cukup sekali dengan menyinkronkan dengan akun e-NOFA Anda.
3.ETAX-API-00004Penjual bukan PKP saat penerbitan faktur[1] Periksa kembali tanggal penerbitan Nomor Seri Faktur Pajak Anda
[2] Gunakan aplikasi OnlinePajak untuk menemukan NSFP dengan mudah dan menghindari kesalahan penginputan, jika telah disinkronkan dengan akun e-NOFA Anda
4.ETAX-API-00005Faktur Pajak Keluaran harus terdaftar sebagai e-Faktur[1] Periksa kembali data faktur yang Anda input, perhatikan nomor dan tanggal fakturnya
[2] Cek e-NOFA online untuk detailnya
[3] Lakukan scan barcode
[4] Gunakan aplikasi OnlinePajak untuk kemudahan validasi otomatis Pajak Masukan Anda. Lakukan impor data otomatis ke aplikasi OnlinePajak juga dengan menggunakan aplikasi scan barcode favorit Anda
5.ETAX-API-00010[1] Kegagalan karena jaringan padat

[2] Database dan sertifikat digital Anda tidak dikenali atau sudah habis masih berlakunya

[1] Masuk ke menu “Administrasi DB”, pilih database yang akan digunakan, koneksikan ke database tersebut. Masuk ke menu “Administrasi Sertifikat” dan lakukan panggilan ulang sertifikat yang baru. Selanjutnya lakukan start database sebagai server

[2] Gunakan aplikasi OnlinePajak, jika tak mau repot berurusan dengan koneksi database dan unggah ulang sertifikat digital Anda. Di OnlinePajak, data Anda disimpan dalam basis data web, sehingga selalu di-update dan di-back up otomatis

6.ETAX-API-10001Signature tidak sesuai dengan data yang dikirim oleh penggunaSilakan ulangi proses upload. Hubungi petugas Kring Pajak jika belum berhasil.
7.ETAX-API-10002
8.ETAX-API-10004Nomor Seri Faktur Pajak tersebut telah dilakukan uploadGanti dengan Nomor Seri Faktur Pajak yang lain
9.ETAX-API-10005[1] Tanggal faktur tidak boleh lebih dari tanggal sistem
[2] Nomor faktur hanya bisa digunakan untuk transaksi tahun
[3] Tanggal Faktur Pajak Pengganti tidak boleh kurang dari tanggal faktur normal
[4] Tanggal faktur tidak boleh “NULL”
[1] Tanggal faktur tidak boleh melebihi tanggal hari ini
[2] Periksa digit ke-7 dan ke-8 pada nomor faktur
[3] Untuk Faktur Pengganti, tanggal Faktur Pengganti harus lebih besar atau sama dengan faktur yang diganti
[4] Tanggal faktur harus diisi
10.ETAX-API-10010[1] NPWP Pembeli tidak terdaftar di DJP
[2] NPWP Pembeli tidak bisa diganti
[1] Periksa kembali isian NPWP Pembeli
[2] Untuk Faktur Pajak Pengganti, NPWP harus sama dengan faktur normal
11.ETAX-API-10015Nilai PPN tidak boleh lebih dari 10% DPP (pembulatan ke bawah)Pastikan nilai PPN tidak lebih dari 10% nilai DPP
12.ETAX-API-10016Nilai DPP/PPN/PPnBM objek faktur lebih kecil dari 0Nilai objek faktur tidak boleh kurang dari 0
13.ETAX-API-10017Faktur yang akan dibatalkan sudah digantiFaktur yang sudah diganti tidak bisa dibatalkan
14.ETAX-API-10018Faktur yang akan dibatalkan sudah digantiFaktur yang sudah diganti tidak bisa dibatalkan
15.ETAX-API-10020Terjadi kesalahan saat menampilkan daftar Faktur Pajak KeluaranPerbarui daftar faktur dengan klik tombol “Refresh”
16.ETAX-API-10021Saldo faktur yang akan diretur lebih kecil dari nilai returPeriksa nilai retur sebelumnya
17.ETAX-API-20002Faktur yang akan dikreditkan sudah diganti, Mengunggah faktur pajak normal sebelum menginput Faktur Pajak Pengganti[1] Di efaktur 2.0, Anda tidak perlu lagi faktur pajak normal. Cukup input Faktur Pajak Pengganti sekali saja.
[2] Gunakan aplikasi OnlinePajak untuk kemudahan membuat Faktur Pajak Pengganti Anda, tanpa perlu mengunggah apa pun.
18.ETAX-API-20003Faktur tidak terdaftar atas NPWP Penjual, Terdapat informasi NPWP, nilai pajak, atau tanggal faktur pajak yang salah.[1] Periksa kembali data faktur yang Anda input, baik itu NPWP, nilai pajak, masa pajak, tanggal faktur pajak. Informasi tersebut harus sama persis dengan informasi yang ada pada faktur.
[2] Hindari kesalahan penginputan informasi faktur setiap kali membuat draf faktur dengan menggunakan OnlinePajak. Di OnlinePajak, kami mempermudah pengisian draf faktur saja dengan 1 klik saja berdasarkan data yang pernah Anda rekam sebelumnya.
19.ETAX-API-20006Tanggal faktur tidak sesuai dengan yang tercantum di Faktur Keluaran[1] Pastikan tanggal faktur Anda sesuai dengan yang tercantum pada Faktur Keluaran.
[2] Gunakan aplikasi OnlinePajak, menginput tanggal faktur secara otomatis dan sesuai dengan Faktur Keluaran Anda.
20.ETAX-API-20008
ETAx-API-20009
Nilai DPP tidak sesuai dengan yang tercantum di Faktur Keluaran, Nilai PPN tidak sesuai dengan yang tercantum dengan Faktur Keluaran[1] Masuk ke menu “Ubah Faktur”, ganti secara manual pada bagian PPN dengan angka/nilai sesuai yang tercantum pada kolom keterangan pesan error.
[2] Gunakan aplikasi OnlinePajak untuk hitung otomatis dan input nilai PPN secara otomatis.
21.ETAX-API-20011Faktur sudah pernah dikreditkanPeriksa kembali faktur Anda
22.ETAX-API-20019Faktur Pajak Keluaran belum dibatalkanPeriksa kembali Faktur Pajak Keluaran Anda
23.ETAX-API-20023Saldo DPP tidak mencukupi, Nilai retur melebihi nilai transaksi yang seharusnyaNilai total yang diretur tidak boleh melebihi nilai transaksi
24.ETAX-API-30002Faktur Pajak Masukan yang akan diretur tidak ditemukan, Upload nota retur pajak masukan tidak bisa divalidasiGunakan aplikasi OnlinePajak untuk kemudahan validasi otomatis Pajak Masukan Anda dan melakukan impor data Pajak Masukan dengan menggunakan aplikasi QR code.
25.ETAX-API-30008Nilai PPN maksimum 10 persen nilai DPP,Nilai PPN tidak boleh lebih dari 10% DPP (pembulatan ke bawah)Periksa nilai DPP/PPN/PPnBM yang dimasukkan
26.ETAX-API-40008WP non-NPWP tidak bisa melakukan retur Atas Nomor Seri Faktur Pajak tersebut telah dilakukan upload
27.ETAX-API-40011Nomor Dokumen Retur untuk faktur yang sama sudah terdaftar dengan detail berbeda “Nomor Dokumen Retur Sudah Pernah Digunakan dengan Tanggal Nilai Transaksi yang Berbeda”, Nomor Dokumen Retur sudah pernah digunakan dengan tanggal, nilai transaksi yang berbedaPeriksa data tanggal dan nilai yang diretur kasus “Upload Ulang Retur”
28.ETAX-API-40012Nota retur belum terdaftar di DJP. Silakan hubungi Lawan Transaksi, Retur faktur belum diunggah oleh Lawan TransaksiKonfirmasi kepada lawan transaksi agar mengunggah Nota Retur
29.ETAX-API-40013Retur yang akan dibatalkan tidak ditemukan, Retur yang akan dibatalkan tidak ditemukan di DJPPastikan retur sudah pernah diunggah dan approval sukses.

Dengan cukup banyaknya variasi penyebab reject, maka yang terpenting adalah membaca dan memahami isian pada kolom keterangan. Gunakan petunjuk tersebut untuk melakukan perbaikan yang diperlukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *