Laptop, PC  

Cara Memperbaiki Masalah Multi-monitor yang Sering Terjadi

Cara Memperbaiki Masalah Multi-monitor yang Sering Terjadi
Cara Memperbaiki Masalah Multi-monitor yang Sering Terjadi

Paksa Windows untuk mendeteksi monitor :  Mungkin Windows tidak mengenali koneksi layar kedua . Untuk memaksanya memeriksa lagi, klik kanan desktop dan pilih Pengaturan Tampilan dari menu pop-up yang muncul. Di jendela berikut, klik tombol Deteksi yang terletak di bawah diagram tampilan. Di Windows 11, dapat menemukannya di bagian Multiple Displays .

Matikan dan hidupkan layar: Beberapa jenis koneksi tidak menyukai hot swapping saat monitor lain dihidupkan. Matikan layar lalu nyalakan lagi. Mungkin hanya itu yang diperlukan untuk mengenali umpan video dan mulai menampilkannya dengan benar.

Verifikasi koneksi kabel: Kabel yang longgar dapat menyebabkan kesalahan “tidak ada sinyal” lebih sering daripada masalah lainnya. Jika tampaknya aman, cabut dan pasang kembali hanya untuk memastikan.

Lepas perangkat periferal lain : Lepaskan semua kamera yang terhubung atau periferal lain yang tidak diperlukan. Jika tampilan mulai berfungsi setelahnya, koneksi ini mungkin mengganggu penyiapan .  mungkin perlu mencari aksesori yang lebih baru dan kompatibel atau menggunakan koneksi di PC, bukan di monitor.

Verifikasi input yang benar: Monitor dengan beberapa opsi input mengharuskan memilih kabel dan port yang digunakan secara manual, seperti HDMI 1, HDMI 2, DisplayPort 1.4, USB-C, dan seterusnya. Gunakan tombol pada monitor untuk menggilir saluran dan memilih input yang benar dari PC . Jika menggunakan adaptor untuk beralih dari satu jenis masukan ke jenis lainnya, hal ini dapat menyebabkan masalah pada monitor lainnya. Coba lepas adaptor jika memungkinkan, atau ganti dengan adaptor lain untuk melihat apakah ini menyelesaikan masalah.

Ubah kabel data:  Jika menggunakan str kabel lama seperti VGA atau DVI-D, mungkin ingin mencoba alternatif yang lebih baru seperti HDMI atau DisplayPort.  juga dapat mencoba menggunakan kabel baru jika kabel lama bermasalah (pin bengkok, kabel pendek terbuka, dll.).

Ubah port grafis: Jika menggunakan kartu grafis khusus dengan beberapa port keluaran, coba beralih ke port lain. Terkadang port itu sendiri bisa rusak atau entah bagaimana rusak. Beralih ke yang lain mungkin yang perlu lakukan untuk memperbaiki masalah.

Perbarui driver : Windows mendukung banyak monitor secara default, tetapi pengaturan saat ini mungkin tidak dikonfigurasi dengan benar. Memastikan menjalankan driver grafis terbaru untuk sistem terkadang dapat memperbaiki masalah tanpa kesalahan sinyal.

Jika masih mengalami masalah dengan monitor desktop yang diperluas, pastikan monitor berfungsi dengan mencabut layar utama dan memeriksa kembali langkah-langkah di atas. Jika ya, pertimbangkan untuk menjalankannya sebagai tampilan utama hingga menentukan akar masalahnya. Jika tidak, hubungi peritel atau pabrikan untuk mendiskusikan pengembalian atau penggantian.

Resolusi yang salah atau berbeda

Jika menambahkan monitor baru beresolusi lebih tinggi ke sistem dan menemukan bahwa monitor tersebut tidak ditampilkan dengan benar, monitor tersebut mungkin meminjam pengaturan dari tampilan lama, atau sekadar mencoba mencocokkan monitor utama .

Langkah 1: Klik kanan desktop dan pilih opsi Pengaturan Tampilan pada menu pop-up yang muncul.

Langkah 2: Aplikasi Pengaturan terbuka dengan panel Tampilan dimuat secara default. Klik pada tampilan sekunder yang ditunjukkan pada diagram.

Langkah 3: Dengan layar sekunder disorot, gulir ke bawah ke Skala dan Tata Letak dan klik menu drop-down yang terletak di bawah Display Resolution .

Langkah 4: Pilih resolusi layar yang paling sesuai untuk . Windows menetapkan salah satu dari resolusi ini sebagai “disarankan” berdasarkan perangkat keras layar.

Jika ini tidak berhasil, pastikan monitor dan kartu grafis dapat berjalan pada resolusi yang pilih. Jika masih mengalami masalah, coba perbarui driver grafis .

Catatan:  dapat menggunakan dua monitor dengan ukuran, kecepatan penyegaran, dan resolusi yang berbeda selama keduanya memiliki koneksi yang diperlukan. Namun, mereka masih akan dibatasi oleh spesifikasi masing-masing. Jika satu monitor memiliki resolusi yang jauh lebih rendah dari yang lain, itu tidak akan berubah, dan beberapa hal mungkin terlihat berbeda secara alami. Kami menyarankan untuk tidak melakukan overclock pada spesifikasi seperti kecepatan refresh saat menggunakan pengaturan dua monitor. GPU mungkin sudah berjuang menyulap dua monitor, tidak ingin mempersulit mereka.

Baca Juga:  Cara Menyalin File Dari PC Windows Ke Linux

Kecepatan penyegaran salah

Jika monitor diatur pada kecepatan penyegaran yang salah, itu akan menampilkan kesalahan “tidak ada sinyal”. Itu berarti PC mengeluarkan sinyal yang tidak bisa ditangani oleh layar, mengharuskan menyesuaikan output secara manual di Windows.

Langkah 1: Klik kanan desktop dan pilih opsi Pengaturan Tampilan pada menu pop-up yang muncul.

Langkah 2: Aplikasi Pengaturan terbuka dengan panel Tampilan dimuat secara default. Gulir ke bawah dan klik tautan Advanced Display Settings yang terletak di bawah Multiple Displays .

Langkah 3: Pada layar berikut, klik menu tarik-turun yang terletak di bawah Pilih Tampilan dan pilih monitor yang bermasalah.

Langkah 4: Di bawah Display Information , klik tautan Display Adapter Properties for Display # .

Langkah 5: Di jendela pop-up berikut, klik tab Monitor .

Langkah 6: Di bawah Monitor Settings , gunakan menu tarik-turun untuk memilih kecepatan penyegaran lainnya.

dapat memeriksa ulang tingkat penyegaran yang dijalankan monitor dengan alat Testufo .

Monitor lain memiliki rasio aspek yang salah

Saat ini terjadi, monitor lain akan memiliki rasio aspek yang membingungkan, sering kali hanya menggunakan sebagian kecil layar seolah-olah PC menganggap monitor lain memiliki rasio aspek 21:9 ekstra besar — ​​atau mungkin memperbesar terlalu jauh. Biasanya, hal ini disebabkan oleh masalah resolusi atau setelan yang dapat diselesaikan.

Tinjau pengaturan resolusi  : Buka bagian resolusi kami di atas, dan pastikan pengaturan resolusi sesuai dengan setiap monitor yang gunakan. Gunakan opsi yang direkomendasikan atau penyesuaian layar jika memungkinkan.

Beralih kabel : Jika memiliki opsi, coba str kabel yang berbeda, seperti beralih dari DisplayPort ke HDMI atau sebaliknya. Saat melakukan ini, pastikan kabel yang gunakan mendukung resolusi saat ini — kabel lama mungkin tidak mendukung resolusi UHD/4K, yang dapat menyebabkan masalah rasio aspek ini.

Apakah menggunakan TV sebagai monitor kedua? : Jika demikian, masuk ke pengaturan TV dan cari opsi untuk mematikan pengaturan Overscan atau Underscan . Ini juga bisa disebut mode Santai .  mungkin juga ingin memastikan tidak ada mode Rasio Aspek yang diaktifkan secara tidak sengaja. Konsultasikan manual TV untuk informasi lebih lanjut.

Periksa orientasi tampilan  : Ini tidak umum, tetapi masalahnya mungkin orientasi monitor. Di Windows, buka bagian Tampilan dan cari Orientasi Tampilan . Coba alihkan orientasi ke sesuatu seperti Potret , lalu alihkan kembali ke Lanskap dan lihat apakah ini membantu.

Game Menampilkan di monitor yang salah

Bukan hal yang aneh jika game ditampilkan di monitor kedua daripada yang pertama, yang tidak ideal jika memiliki layar utama untuk bermain game dan layar sekunder untuk yang lainnya. Untungnya, ada beberapa cara cepat dan mudah untuk memperbaikinya.

  • Gunakan pengaturan dalam game: Cara termudah sering kali hanya memberi tahu game untuk ditampilkan di monitor utama . Beberapa game memiliki opsi untuk memilih tampilan di menu pengaturannya, jadi periksa dulu sebelum menyesuaikan yang lain.
  • Periksa output tampilan : Jika menemukan bahwa ini bukan pertama kalinya game atau aplikasi ditampilkan di monitor yang salah, mungkin ingin memeriksa input . Apakah tampilan sekunder dicolokkan ke output tampilan utama pada kartu grafis ? Coba tukar mereka untuk melihat apakah itu memperbaiki keadaan.
  • Jadikan sebagai tampilan utama : Tekan Tombol Windows + I untuk membuka menu Pengaturan, lalu arahkan ke Sistem > Tampilan. Pilih monitor tempat ingin menampilkan game, dan centang kotak di samping Jadikan ini sebagai tampilan utama saya.
  • Hanya gunakan satu monitor: Jika cara di atas tidak berfungsi, di pengaturan Tampilan , pilih tampilan yang ingin digunakan untuk bermain game. Dari drop-down Monitor Settings (Windows 11) atau Multiple Displays (Windows 10), pilih  Show only on 1 atau  Show only on 2 yang sesuai.  harus mematikan ini kembali setelah selesai bermain game, tetapi ini adalah cara yang pasti untuk membuat game bekerja pada tampilan yang tepat.

Gkan atau perpanjang gambar

Ada beberapa cara berbeda untuk menampilkan konten di dua layar, tetapi Duplikat seringkali merupakan default. Jika tampilan kedua hanya menyalin desktop daripada memperluasnya, berikut cara mengubah tampilan tersebut.

Baca Juga:  Cara Menonaktifkan Show More Options di Windows 11

Langkah 1: Tekan tombol Windows + P untuk memuat menu Proyek .

Langkah 2: Pilih opsi Perpanjang .  dapat melakukan ini dengan menggunakan mouse, naik atau turun dengan tombol panah dan menekan Enter , atau dengan menekan tombol Windows + P untuk menggilir opsi.

Atau, dapat mengambil rute panjang:

Langkah 1: Klik kanan desktop dan pilih opsi Pengaturan Tampilan pada menu pop-up yang muncul.

Langkah 2: Aplikasi Pengaturan terbuka dengan panel Tampilan dimuat secara default. Pilih monitor sekunder yang ditunjukkan pada diagram.

Langkah 3: Dengan layar kedua disorot, gulir ke bawah ke Beberapa Tampilan dan pilih Perpanjang Desktop ke Tampilan Ini pada menu drop-down.

Langkah 4: Kembali ke diagram dan gunakan mouse untuk menyeret monitor kedua ke kiri atau kanan layar utama.

Proses yang sama ini dapat digunakan untuk mengubah menjadi duplikat jika menginginkannya.

Warna pada satu monitor tidak sesuai dengan yang lain

Ini bisa menjadi masalah bagi desainer dan artis yang menemukan bahwa salah satu monitor dalam pengaturannya memiliki saturasi warna yang kacau atau akurasi warna yang buruk secara umum.

Langkah 1 : Sayangnya, tidak selalu ada perbaikan yang mudah. Jika keakuratan warna dan faktor serupa penting bagi , cara terbaik untuk menjaminnya adalah dengan mendapatkan dua model monitor yang sama.  mungkin perlu mengganti monitor berperforma buruk dengan salinan monitor utama dengan akurasi warna yang lebih kuat.

Langkah 2 : Jika penggantian bukan pilihan, dapat bekerja untuk mengkalibrasi monitor berperforma buruk untuk memperbaiki masalah warna dan membuatnya berfungsi dengan baik. Munculkan gambar yang sama di kedua monitor, dan sesuaikan pengaturan hingga cocok. Jika membutuhkan akurasi warna yang serius, kami sarankan untuk berkonsultasi dengan panduan kami tentang mengkalibrasi monitor  dan melihat lebih dekat bagian colorimeter.

Dua monitor bisa terhubung, tapi bukan yang ketiga

Jika bekerja dengan pengaturan tiga monitor, mungkin menemukan bahwa dua monitor pertama mudah dihubungkan, tetapi monitor ketiga tidak responsif atau tidak berperilaku seperti yang lain.

Cabut monitor dan pasang setiap monitor satu per satu: Terkadang, ini membantu komputer mengenali ketiga monitor dan menggunakannya dengan benar, tidak diperlukan langkah lain.

Pastikan pengaturan aktif Perpanjang tampilan ini:  Di ​​bagian Beberapa tampilan pada Tampilan di Windows, pastikan opsi Perpanjang tampilan ini dipilih. Sebaiknya periksa semua pengaturan Tampilan untuk memastikannya telah diatur untuk beberapa monitor: Terkadang pembaruan Windows dapat mengatur ulang.

Periksa untuk memastikan semua driver grafis telah diperbarui: Ikuti panduan ini tentang cara memperbarui driver grafis  , dan mulai ulang jika perlu.

Game terus diminimalkan

ika menemukan bahwa game terus diminimalkan saat diputar di satu monitor, mungkin secara tidak sengaja mengklik panel tampilan kedua . Beberapa game tidak mengunci batas jendela layar penuhnya, yang berarti saat berpindah ke tepi layar, penunjuk dapat bertransisi ke jendela kedua.

Mengklik memilih monitor kedua itu, atau apa pun yang ada di dalamnya, meminimalkan permainan. Ini sangat bermasalah dalam game tanpa penunjuk tetikus, seperti penembak orang pertama. Berikut adalah beberapa metode untuk memperbaiki masalah minimisasi:

Periksa opsi tampilan di dalam game itu sendiri: Jika bermain dalam mode “Jendela”, cobalah beralih ke “Layar Penuh”, karena ini menangkap mouse . Jika itu tidak berhasil, coba beralih ke mode “Borderless Window”. Itu tidak akan menghentikan mouse untuk pindah ke layar lain, tetapi itu bisa menghentikan permainan dari meminimalkan saat itu terjadi.  hanya perlu mengklik kembali ke jendela permainan.

Gunakan aplikasi pihak ketiga:  Aplikasi seperti Alat Monitor G memungkinkan mengunci penunjuk tetikus ke monitor tertentu. Ingatlah untuk membuka kunci mouse setelah selesai.

Matikan layar kedua: Ini sedikit drastis tetapi mematikan layar kedua saat bermain game yang tidak membutuhkannya mencegah hanyut ke ruang tengah yang diperpanjang di tengah permainan. Cukup tekan tombol daya layar, atau tekan tombol Windows + P dan pilih opsi Hanya Layar PC .

Sekarang beberapa monitor semuanya berfungsi dengan benar, pastikan mendapatkan wallpaper layar g yang bagus untuk mereka.

Aplikasi dan tab terus dikocok

Ini dapat terjadi jika masuk ke mode tidur atau monitor beralih ke screensaver, lalu membuka kembali. Tiba-tiba, menemukan bahwa semua jendela atau tab aplikasi telah berpindah tempat, seringkali semuanya berpindah ke tampilan monitor pertama, merusak pengaturan , dan membuang banyak waktu untuk memindahkan semuanya kembali. Ini adalah masalah umum pada Windows 10, kemungkinan besar karena masalah “Deteksi Hot Plug Cepat”, tetapi ada beberapa hal yang dapat lakukan untuk memperbaiki masalah tersebut.

Baca Juga:  Cara Mengetahui Motherboard Pada PC dan MacBook

Perbarui ke Windows 11 : Windows 11 secara khusus memiliki fitur baru untuk mengatasi masalah ini, jadi jika memperbaruinya, dapat memperbaikinya. Di Windows 11, kunjungi pengaturan Display , dan lihat di bagian Multiple Displays . Di sini akan menemukan opsi untuk Mengingat Lokasi Jendela Berdasarkan Koneksi Monitor . Pastikan itu diaktifkan, dan itu akan menyelesaikan masalah .

Nonaktifkan DisplayPort : juga dapat beralih dari DisplayPort ke HDMI. Masalah ini tampaknya unik untuk sambungan DisplayPort, dan mungkin dapat mencegahnya terjadi dengan menggunakan opsi sambungan lainnya.

Distorsi dan artefak

Terkadang monitor komputer sekunder akan berfungsi, tetapi akan mengalami distorsi dan artifak yang membuatnya sulit digunakan atau tidak mungkin untuk bermain game. Jika monitor pertama tidak memiliki masalah tampilan ini, masalahnya mungkin terkait dengan perangkat keras .  biasanya dapat memperbaikinya dengan mencoba langkah-langkah berikut:

Periksa port monitor: Pastikan semua port di komputer bersih dan bebas debu. Jika sudah lama, bersihkan dengan sangat hati-hati dengan beberapa semburan udara terkompresi dan pastikan tidak ada kerusakan atau kotoran pada port atau kabel.

Beli kabel monitor baru untuk monitor sekunder: Mungkin kabel sudah tua dan rusak. Ini terutama benar jika tidak terlindung dan mengalami gangguan dari Wi-Fi, Bluetooth, dan kebisingan listrik di sekitar. Temukan kabel baru yang memiliki pelindung yang bagus.

Persingkat panjang kabel: Jika memungkinkan, pilih kabel baru yang lebih pendek dari kabel lama. Semakin lama data harus melewati kabel, semakin besar peluang interferensi, sehingga kabel yang lebih pendek dapat mengurangi artifak dan masalah serupa.

Jika menggunakan konverter atau adaptor sakelar, coba sambungkan tanpanya: Cari kabel yang tidak memerlukan adaptor atau sakelar terpisah untuk mengontrol.

Monitor tambahan tiba-tiba berhenti bekerja

Dalam hal ini, telah menggunakan pengaturan multi-monitor untuk sementara waktu sekarang dan semuanya telah berfungsi dengan baik – tetapi tiba-tiba monitor yang lain berhenti bekerja sama sekali. Untungnya, ini biasanya bisa diperbaiki.

Periksa koneksi  : Tutupi dasar-dasarnya, dan pastikan monitor yang lain masih tersambung dengan benar dan kabel tidak kendor sejak terakhir kali melakukan booting.

Beri Windows pengingat : Terkadang Windows sedikit tersandung dan kehilangan jejak monitor tambahan . Berikan penyegaran dengan menekan tombol Logo Windows + Ctrl + Shift + B. Tahan semuanya sebentar dan lepaskan. Lihat apakah ini membantu menghidupkan kembali monitor yang lain.

Restart semuanya : Matikan Windows dan semua monitor . Kemudian, hidupkan semuanya dan boot lagi. Ini sering dapat memperbaiki masalah .

Jika perlu, kembalikan pembaruan driver : Jika driver tampilan baru saja diperbarui, ini dapat menyebabkan masalah. Buka Device Manager , pilih Display  Adapters , dan pilih display adapter untuk melihat lebih banyak. Buka Properties , lihat tab Driver , dan pilih Roll Back Driver .

Gambar tidak sejajar pada monitor dengan ukuran berbeda

Jika memiliki ukuran monitor yang berbeda, terutama dengan resolusi yang berbeda, akan sangat sulit untuk berbagi gambar di antara mereka seolah-olah mereka adalah satu ultrawide — pikselnya tidak akan cocok dengan benar. Jika bersedia melakukan beberapa pekerjaan, mungkin dapat memperbaiki masalah ini.

Langkah 1 : Cara paling langsung untuk mengatasinya adalah dengan menyesuaikan skala resolusi monitor.  dapat menyesuaikan satu monitor untuk menskalakan semuanya atau menyetel skala yang sama untuk kedua monitor pada tingkat yang akan membantu keduanya bekerja sama. Bagilah piksel vertikal per inci diagonal kedua monitor untuk menemukan skala yang tepat untuk menyetel monitor — Reddit memiliki beberapa panduan bermanfaat di sini . Tinjau pengaturan monitor dan lihat apakah dapat mengatur skala resolusi atau DPI dengan cara ini. Pengaturan GPU mungkin juga dapat membantu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *